RSS

Rujak Cingur Pak Hadi

23 Feb

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

pak hadi

JAKARTAPRESS.COM –  Panganan satu ini memang asalnya dari Surabaya, tapi populernya sampai ke mana-mana. Di Jakarta, jelas banyak penggemarnya. Apalagi kalau bukan rujak cingur. 

Tapi, tidak semua rujak cingur pas di lidah.  Setelah banyak mencoba rujak cingur di sana sini, baru ketemu rujak cingur legendaris yang dijual Pak Hadi di Kawasan Kebon Sirih.

Rujak cingur Pak Hadi, memang membuat orang jadi rindu dan ketagihan.  Ulegan bumbu yang dicampur dengan petis udang kental kecokelatan, diaduk dengan sayuran plus cingur kinyil-kinyil dan empuk, gurih jugasedikit manis dan ada rasa pedas rasanya benar- benar membuat orang jatuh hati.

Tak ayal, kantin milik Pak Hadi itu selalu dipenuhi pembeli. Tempatnya memang sederhana, tapi bersih membuat orang ingin menikmati rujak cingur di tempat itu. Dindingnya bercat hijau dan beberapa meja kayu yang tertata rapi.

Tempat untuk meracik berada di luar warung, berdampingan dengan untuk meracik soto, menu Pak Hadi lainnya.

Pelayan di kantin itu semuanya laki-laki dan kalau logat bicaranya Suroboyoan. Memang, memesan rujak cingur di tempat Pak Hadi harus sabar, karena bumbu akan diracik dan diulek jika ada pesnanan.

Isian rujak cingur ini tak jauh beda dengan rujak cingur umumnya. Kangkung, tauge, bengkuang, nanas, kol, dan timun plus irisan cigur alias hidung sapi. Yang menarik justru bumbunya. Karena kelezatan rujak cingur terletak pada bumbunya terutama petisnya.

Ada yang kecokelatan agak hitam dan cenderung manis. Ada juga yang cokelat tua kental seperti racikan pak Hadi ini.

Kacang tanahnya digerus tidak terlalu kasar dan tidak berminyak. Sementara aroma petis Sidorajonya juga tidak terlalu nonjok kuat. Jadi, buat yang tidak terlalu doyan petispun masih bisa menyantapnya.

Ada krenyes kacang tanah, rasa manis yang tidak berlebih dan wangi petis yang sedap. Cingur sapi nya meskipun hanya beberapa iris tetapi cukup kenyal empuk dan gurih.

Paling pas tentu dinikmati dengan kerupuk kanji. Kriuk renyah kerupuk ini paling asyik dicocol dengan sisa bumbu rujak yang mlekoh mantap. Seporsi rujak cingur harnya Rp 20 ribu, harga sudah sesuai dengan rasa yang akan dinikmati.

Selain rujak cingur ada juga menu lain, rawon soto, ikan mas goreng, lele goreng, nasi rames, tahu campur, tahu gunting, sate ayam, sate kambing, soto Madura dan tongseng.

Juga ada menu popular lain seperti nasi gorang, mi goring dan ayam goring. Anda penasaran segera dating ke Kantin Rujak Cingur Pak Hadi Khas Surabaya Jalan Wahid Hasyim Jakarta. Buka setiap hari pukul 08.00 sampai 21.00.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on February 23, 2015 in Jakarta, Lokasi Kuliner, Sudah dicicip

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: