RSS

Yuk Coba! Sop iga bakar Bu Darojah

01 Mar

Dicopas tanpa basa basi dari sini

Menyantap sop iga, barangkali, sudah biasa bagi Anda. Tapi, bagaimana dengan sop iga bakar? Iga yang dibakar dan disajikan bersama semangkuk sop, tentu, menarik untuk dicoba.

Kalau Anda penasaran, silakan mampir ke Rumah Makan Bu Darojah yang ada di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Bagi yang sudah akrab dengan menu sop iga bakar, tak ada salahnya juga bertandang dan menikmati sop iga bakar racikan Kamila, pemilik kedai.

Mudah saja untuk mencapai kedai yang bercokol di Jalan Mampang Prapatan Raya sejak sepuluh tahun lalu itu. Dari arah Kuningan, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Pejaten. Di perempatan Duren Tiga, putar balik kendaraan Anda. Rumah Makan Bu Darojah persis di seberang halte busway Duren Tiga.

Sekilas, kedai ini tampak biasa saja. Tak ada yang istimewa pada bangunannya. Ukurannya pun tidak terlalu luas, hanya sekitar 25 meter persegi. Di dalam ruangan, terdapat beberapa meja panjang dengan kursi plastik yang sanggup menampung 40 pengunjung.

Meski begitu, kondisi kedai yang sederhana tak menghalangi minat orang untuk datang dan menikmati kesegaran sop iga bakar Bu Darojah. Warung makan yang buka setiap hari kecuali Ahad, mulai pukul 10.30 pagi sampai 20.30 malam ini selalu ramai pengunjung. Apalagi, saat jam makan siang ataupun malam, pengunjung yang datang membeludak. “Saban hari, pengunjung bisa mencapai 200 orang,” ujar Kamila.

Begitu memperoleh tempat duduk, segera saja pesan seporsi sop iga bakar. Dalam waktu yang singkat, sepiring nasi beserta satu tusuk iga bakar bakal tersedia di hadapan Anda, lengkap dengan lalapan, sambal, dan semangkuk kuah sop.

Tiga potong iga bakar berwarna coklat yang ditusuk jadi satu sungguh menggoda. Bau harum daging yang dibakar bersama bumbu rempah benar-benar menggugah selera. Kuah sop yang tampak segar dengan irisan tomat dan daun bawang di dalamnya pun makin menambah selera makan Anda.

Tunggu apa lagi? Segera saja nikmati sop iga bakar yang ada di hadapan Anda. Ambil secuil daging iga bakar yang berukuran tebal itu. Anda tidak bakal kerepotan saat mencuwilnya dengan sendok karena daging itu begitu empuk.

Daging sapi impor

Begitu masuk mulut, daging iga bakar nan empuk terasa nikmat saat dikunyah. Rasa manis dan gurih pun segera menggoyang lidah. Sembari mengunyah, santaplah sesuap kuah sop. Hasilnya, rasa gurih bakal semakin bertambah. Nikmat dan mantap.

Kamila mengaku, sebetulnya, bumbu iga bakar racikannya memakai bumbu dapur biasa saja. Cuma, untuk menghasilkan rasa manis dan gurih, ia menambahkan gula, kecap manis, dan santan.

Menurut Kamila, rahasia kelezatan iga bakar buatannya justru terletak pada pemilihan daging iga. Secara khusus, ia memilih iga depan bagian tengah yang memiliki daging tebal. Sementara, iga bagian belakang yang punya daging tipis dan lebih banyak tulang ia hindari.

Daging iga yang ia pilih pun bukan berasal dari sapi lokal, tapi sapi impor. Harga iga sapi impor itu sekitar Rp 50.000 per kilogram. “Dalam sehari, saya butuh iga sapi sekitar 10 kilogram (kg) hingga 15 kg,” ujarnya.

Cara pengolahan yang spesial juga turut menentukan kelezatan iga bakar kedai Bu Darojah. Pertama-tama, Kamila menuturkan, daging ia potong-potong dan kemudian ia rebus sampai mengeluarkan busa.

Setelah itu, ia mencuci daging iga itu berulang-ulang hingga bersih. Setelah direbus kembali sampai empuk, potongan daging iga lalu ia tusuk dengan tusuk bambu. Langkah berikutnya adalah merebus daging bersama bumbu santan sekitar lima menit. Habis itu, daging iga tinggal dibakar di atas bara api.

Untuk mendapatkan seporsi sop iga bakar Bu Darojah, Anda hanya perlu merogoh Rp 17.000. Oh, iya, jangan datang terlalu sore. Pasalnya, di kedai ini, sop iga bakar menjadi menu favorit. Sajian sop iga bakar, kadang, sudah ludes di siang hari.

Namun, jika sudah kehabisan sop iga bakar, Anda juga bisa mencoba menikmati sajian lainnya. Misalnya bebek bakar dengan harga Rp 16.000 seporsi atau ayam bakar yang dijual seharga Rp 10.000 per porsi. Anda juga bisa mencoba cumi atau ikan goreng maupun bakar.

Hanya saja, Rumah Makan Bu Darojah yang berada persis di pinggir jalan tak menyediakan lahan parkir. Anda yang membawa mobil harus rela mencari tempat parkir di pinggir jalan atau tempat lain jika hendak bertandang.

Namun, semua halangan tersebut rasanya tak terlalu berarti dibandingkan dengan kenikmatan sop iga bakar yang bakal Anda cecap. Karena itu, jangan ragu untuk menyambangi Rumah Makan Bu Darojah.
Rumah Makan Bu Darojah
Jl. Mampang Prapatan Raya No. 4C Jakarta Selatan
Telp. 021-99539099

Advertisements
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: