RSS

Ini Dia Daftar Warung Bakmi Legendaris Nan Laris di Yogyakarta

24 Mar

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Meskipun bukan merupakan makanan asli Indonesia, mie merupakan makanan yang sangat populer di negara ini. Hampir tiap daerah memiliki makanan khas yang berupa olahan mie, begitu juga Yogyakarta. Di kota ini terdapat beragam warung mie yang diolah ala Jawa dan dikenal dengan nama bakmi. Berikut ini daftar warung bakmi jawa yang sudah melegenda dan terkenal karena kenikmatan rasanya.

Bakmi Mbah Mo

Dari sekian banyak warung bakmi Jawa yang ada di Jogja, Bakmi Mbah Mo yang paling melegenda. Meski terletak di pelosok Bantul (Desa Code, Trirenggo) dan jauh dari kota, Bakmi Mbah Mo selalu diburu para penggemarnya. Tak heran jika setiap hari warung ini dipenuhi motor maupun mobil dengan plat luar kota. Meski warung baru buka jam 5 sore, sebelum jam tersebut sudah banyak pembeli yang antri di warungnya.
Bakmi Mbah Mo dimasak satu-satu menggunakan tungku arang, karena itu citarasanya benar-benar terjaga. Jika dilihat dari tampilannya bakmi ini biasa saja bahkan cenderung tidak mengundang selera karena berwarna pucat. Tetapi jika sudah menyuap satu sendok, Anda akan dibuat terdiam karena kenikmatan rasanya. Kuah kental bakmi berasa dari kaldu rebusan induk ayam kampung dicampur kocokan telur bebek sehingga kaya protein. Kisaran harga sepiring bakmi dengan aneka variannya antara Rp 15.000 – Rp 30.000. Bagi yang tidak suka bakmi godhog atau nyemek, di tempat ini juga terdapat bakmi goreng.

Bakmi Kadin

Bakmi Kadin merupakan warung yang legendaris karena dulu menjadi warung bakmi favorit Pak Soeharto kala menjadi presiden Indonesia. Warung ini terletak di Jalan Bintaran Kulon nomor 3 dan 6, tak jauh dari Titik Nol Kilometer. Wisatawan yang berkunjung ke warung ini bisa memilih isian berupa ampela, ati, sayap atau kepala ayam. Pilihan tersebut lantas dimasak bersama mie, kol, telur, tomat, daung bawang, kekian, dan bawang goreng sehingga tercipta rasa yang nikmat. Cara memasaknya yang masih menggunakan tungku dan arang menjadikan aromanya lebih kuat. Selain mie goreng dan mie godhong, satu lagi yang patut dicoba, yakni wedang bajigur yang menjadi pelengkap kenikmatan menyantap bakmi. Bakmi Kadin buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 12 malam.

Bakmi Pak Pele

Warung Bakmi Pak Pele terletak di Timur Pagelaran Kraton, Alun-alun Utara Yogyakarta (depan SD Keputran) dan berupa warung tenda. Meski begitu, soal citarasa Bakmi Pak Pele bisa diadu. Warung ini menyediakan bakmi goreng, bakmi godhog, bakmi nyemek, nasi goreng, dan magelangan. Berbeda dengan bakmi di tempat lain yang mienya di campur, di warung ini Anda bisa memilih bakmi kuning maupun bakmi bihun. Citarasa Bakmi Pak Pele gurih dan manis, sesuai dengan lidah orang Jogja. Bakmi Pak Pele juga menggunakan mie tebal dan lebih besar dibandingkan mie kuning biasa sehingga teksturnya sedikit kenyal namun tetap nikmat. Sebagai teman makan, wisatawan bisa memesan wedang ronde.

Bakmi Doring

Nama Bakmi Doring berasal dari singkatan tendo miring, di mana saat pertama kali berjualan mengambil lokasi di pinggir jalan dengan menggunakan tenda yang berbentuk miring. Meskipun kini sudah tidak lagi menggunakan tenda, nama Doring masih tetap eksis hingga sekarang. Warung Bakmi Doring terletak di Jln. Suryowijayan No 348 Yogyakarta. Bakmi Doring memiliki racikan rahasia yang membuatnya mampu bertahan dari tahun 1984 hingga kini. Gurihnya telur bebek yang beradu dengan tekstur lembut bakmi serta bumbu-bumbu lain menciptakan kelezatan yang sempurnya. Untuk satu porsi bakmi goreng maupun rebus dibandrol dengan harga Rp 15.000. Sebagai teman makan, pengunjung bisa memesan teh poci atau wedang uwuh khas Imogiri. Bakmi Doring buka dari pukul 17.00 – 24.00 WIB.

Bakmi Shibitsu

Meskipun namanya agak kejepang-jepangan, warung ini adalah milik orang Jogja asli dan sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Terletak di Jalan Raya Bantul No. 106 (500 meter selatan Pojok Beteng Kulon), Warung Bakmi Shibitsu selalu ramai dikunjungi pembeli. Di tempat ini dijual dua jenis bakmi yakni bakmi goreng dan bakmi godhog atau rebus. Secara tampilan bakmi di tempat ini tidak banyak berbeda dengan bakmi Jawa lainnya, hanya saja warnanya lebih terang. Hal ini dikarenakan penggunaan kecap yang tidak terlalu banyak. Bakmi ini terdiri dari dua jenis mie, yakni mie kuning dan bihun serta dilengkapo potongan-potongan kecil daging ayam dan taburan daun seledri serta bawang goreng. Bumbu yang meresap kuat membuat Bakmi Shibitsu terasa sangat nikmat. Satu porsi Bakmi Shibitsu dibandrol harga Rp 16.000.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 24, 2015 in Lainnya, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: