RSS

Kelezatan Sup Tupai dan Oseng Emprit di Warung Dhahar

09 Apr

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Warung Dahar Pulo Segaran merupakan restoran yang dikelola oleh Rumah Budaya Tembi, Bantul. Selain menyajikan Sup Tupai dan Oseng Emprit, restoran ini juga memiliki beragam menu lain nan unik dengan citarasa eksotis.

Yogyakarta adalah gudangnya makanan eksotis dengan cita rasa yang sulit untuk dilupakan. Dari restoran ternama yang terletak di pusat kota hingga warung-warung rumahan yang ada di pelosok desa semuanya berlomba-lomba memberikan sajian kuliner yang memukau. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dalam ranah kuliner dan suka mencoba makanan yang unik, Warung Dahar Pulo Segaran merupakan salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

Berada dalam kompleks Rumah Budaya Tembi yang terletak di Jl. Parangtritis Km 8,5, Tembi, Sewonharjo, Bantul, wisatawan yang berkunjung disini akan dimanjakan dengan aneka makanan eksotis dan unik yang tidak akan ditemukan di rumah makan lain. Sembari menikmati hidangan nan lezat, wisatawan juga akan dimanjakan dengan suara gending Jawa dan hamparan sawah menghijau yang memanjakan mata.

Menu Tradisional Yang Memanjakan Lidah

“Masa Lalu Selalu Aktual”, itulah visi yang diusung oleh Tembi Rumah Budaya. Karena itu mereka tak pernah bosan mempromosikan keagungan dan keadiluhungan budaya dan filosofi Jawa, termasuk juga kulinernya. Warung Dhahar Pulo Segaran berusaha untuk menyajikan menu-menu tradisional nan lezat, bahkan beberapa diantaranya adalah menu yang mulai terlupakan oleh orang-orang. Tak hanya itu, koki di tempat ini juga berani melakukan eksplorasi dengan menciptakan menu-menu yang kurang lazim untuk restoran.

Oseng Emprit Pulosegaran

Sup Tupai adalah salah satu menu unik dan menjadi andalan yang disajikan di Warung Dhahar Pulo Segaran. Jika biasanya wisatawan hanya disuguhi sup daging, sup ayam, atau sup ikan, maka disini tersedia daging tupai yang disajikan dalam bentuk sup. Jika tidak suka sup, wisatawan bisa mencoba menu Tupai Goreng yang rasanya sangat lezat dan tak akan pernah wisatawan jumpai di tempat lain.

Anda tahu burung emprit atau yang biasa dikenal dengan nama burung pipit? Burung kecil yang biasa ada di sawah dan menjadi hama. Bagi orang-orang biasa mungkin burung tersebut tidak dipedulikan keberadaannya. Namun di tempat ini emprit diolah menjadi makanan nan nikmat, Oseng-oseng Emprit. Burung kecil yang sepertinya tidak memiliki daging mampu bermetamorfosa menjadi makanan nikmat nan mengenyangkan.

Bagaimana dengan Gulai Angsa atau Angsa Goreng? Terdengar menarik bukan? Angsa yang dimasak ini citarasanya tidak berbeda jauh dengan daging bebek, bahkan jauh lebih empuk. Kuah gule yang penuh bumbu akan memberikan sensasi rasa tersendiri. Sedangkan Angsa Goreng biasa disajikan dengan sambal terasi yang nendang.

Berikut ini menu-menu andalan Warung Dhahar Pulo Segaran lainnya: Tongseng Bajing, Sup Iwak Nila, Sup Pitik Kampung, Jangan Bobor, Jangan Tempe Lombok Ijo, dan Bakmi Jowo. Untuk snack dan minumannya antara lain Carang Gesing, Pisang Goreng Gula Aren, Lumpia Pitik, Tempe Mendoan, Tahu Susur, Teh Poci, Wedang Secang, Wedang Uwuh, Wedang Temu Lawak, Beras Kencur, dan Serbat Jahe Anget.

Selain menu-menu reguler, pada event-event tertentu atau pada tiap bulannya Warung Dhahar Pulo Segaran juga menyajikan menu khusus yang hanya ada pada saat itu. Sebut saja Besengek Kembang Gedang, Rawon Buntut Mbah Lanang, Kambangan Tela Grandel, Ketupat Kuah Kemangi, Segaran Squash, Jus Nangka Sabrang, Jus Mbah Wedok, Es Dhandang Nan Merangsang, dan masih banyak lagi. Jadi wisatawan bisa mencoba menu yang baru dan berbeda meskipun sering berkunjung ke tempat ini. Untuk soal harga Warung Dhahar Pulo Segaran terbilang murah, yakni berkisar antara Rp 5.000 – Rp 25.000 per itemnya.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 9, 2015 in Jogja, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: