RSS

Bakmi Jawa Yogyakarta Dan Keistimewaannya

18 Apr

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Bakmi Jawa Yogyakarta atau Mi jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak dengan mengunakan racikan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jadi sebenarnya olahan mi Jawa bukan hanya bakmi godhog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah, akan tetapi mia jawa dapat disajikan menjadi mie goreng yang dimasak dengan racikan bumbu yang hampir sama tetapi tidak menggunakan kuah dan disajikan dalam keadaaan kering.

Ciri Khas dari Bakmi Jawa Yogyakarta adalah diolah diatas tungku tanah liat atau anglo yang menggunakan bahan bakar arang. Juru masak dalam mengerjakan membuat mi godhog dilakukan dengan memasak satu per satu setiap porsi dan tidak memasak banyak pesanan dalam satu wadah wajan. Sehingga didapat hasil dari masakan tersebut maksimal dari kematangan dan pencampuran bumbu lebih sempurna.Pesanan dimasak dalam wajan yang tidak terlalu besar. Setelah itu dilakukan penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek dalam masakan.

Penjual bakmi jawa Yogyakarta mulai keluar untuk berdagang pada waktu senja dengan meletakkan gerobak ditempat yang sudah ditentukan seperti biasanya. Biasanya penempatan gerobak bakmi tersebut memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau pembeli.Bakmi Jawa sekarang ini banyak tersebar di Yogyakarta dan kota-kota di Jawa Tengah. Sebenarnya Bakmi Jawa Yogyakarta berasala dari Desa Piyaman Wonosari Gunungkidul. Para penjual bakmiYogyakarta dari asal desa tersebut berdagang di berbagai kota –kota besar di Indonesia.Akan terpikir dalam benak kita, dari sekian banyak penjual bakmi  Yogyakarta, yang manakah yang paling enak dan murah. Akan tetapi pertanyaan itu menjadi sulit dijawab karena selera orang yang berbeda beda dan sangat relatif.

Tempat Makan Bakmi Jawa Paling Ramai Dikujungi di Yogyakarta.

Dibawah adalah dalah tempat makan Bakmi Jawa paling ramai dikunjung pembeli dan sudah terkenal bertahun-tahun berpengalaman memasak bakmi Jawa. Anda bisa memilih satu untuk mencobanya atau berniat mencobanya satu persatu setiap waktu bila berkeinginan merasakan kelezatan masakan Bakmi Jawa Di Yogyakarta.

  1. Bakmi Jawa Pak Rebo (Berdiri sejak tahun 1945), lokasi : Sebelah Selatan persis SD Kintelan Jl. Brigjend Katamso No.167 Yogyakarta.
  2. Bakmi Jawa Shibitsu (Berdiri sejak tahun 1989), lokasi : Jalan Bantul No. 106, tepatnya 500 m selatan Pojok Beteng Kulon.
  3. Bakmi Jawa Pak Pele (Berdiri sejak tahun 1970), lokasi : Timur Pagelaran Keraton, Alun –alun Utara Yogyakarta
  4. Bakmi Jawa Kadin (Berdiri sejak tahun 1947), lokasi : Jl.Bintaran Kulon No.3 Yogyakarta, (Pernah diundang Presiden Soeharto untuk memasak di Istana setiap Peringatan 17 Agustus 1945)
  5. Bakmi Jawa Mbah Wito (Berdiri sejak tahun 1942), lokasi : Dusun Kemoro Sari 1, Desa Piyaman Wonosari Gunungkidul,  (Sebelum menjadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan sering mendatangi warung Bakmi Mbah Wito)
  6. Bakmi Jawa Mbah Hadi (Berdiri sejak tahun 1995), lokasi Jl. C. Simanjuntak di SPBU Terban Yogyakarta.
  7. Bakmi Jawa Mbah Mo (Berdiri sejak sejak 1986), lokasi : Dusun Code lewat Jl. Parangtritis, Barat Perempatan Manding Bantul Yogyakarta.
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 18, 2015 in Jogja, Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: