RSS

Gudeg Pawon, Sensasi Menikmati Gudeg Dini Hari

18 Apr

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Saat berkunjung ke Yogyakarta, salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah gudeg. Makanan yang berbahan dasar nangka ini merupakan makanan khas dan menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Menemukan penjual gudeg di Jogja bukanlah hal sulit. Bahkan boleh dibilang gudeg adalah satu-satunya makanan yang bisa dijumpai dari pagi, siang, malam, hingga subuh. Gudeng dijual oleh mbok-mbok di pinggir jalan hingga restoran-restoran ternama.

Namun tahukah Anda? Rupanya di Jogja ada satu warung gudeg yang sangat unik sekaligus sangat populer di kalangan pecinta wisata kuliner, yakni Gudeg Pawon. Ada 2 keunikan yang dimiliki oleh Gudeg Pawon. Yang pertama, sesuai dengan namanya Gudeg Pawon yang dalam bahasa Jawa berarti gudeg dapur, pengunjung yang ingin menikmati gudeg ini harus mau berdesak-desakan di dapur pemiliknya. Sedangkan keunikan kedua, Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, tepatnya di tengah malam saat kebanyakan orang mulai terlelap.

Meski buka di malam hari dan hanya buka selama 3 jam, warung gudeg yang dirintis oleh Bu Prapto Widarso sejak tahun 1958 ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai tempat. Pelanggan Gudeg Pawon terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, orang kantoran, pejabat, bahkan artis lokal maupun nasional.

Gudeg yang disajikan di tempat ini adalah gudeg basah lengkap dengan sambal krecek yang pedas dan ayam kampung. Sensasi gudeg yang manis dengan areh yang gurih, serta ayamnya yang empuk menciptakan perpaduan rasa yang nikmat sehingga membuat orang rela datang malam-malam untuk menikmati kelezatannya.

Biasanya pengunjung yang datang ke Gudeg pawon harus antri di pawon (dapur) guna mendapatkan sepiring gudeg. Namun mengingat cita rasanya yang mak nyus hal itu tentu saja bukan menjadi masalah. Apalagi pemilik warung adalah sosok yang ramah. Menunggu datangnya gudeg sambil duduk di dekat tungku tradisional tidak akan menjadi hal yang membosankan.

Lokasi Gudeg Pawon

Warung Gudeg Pawon terletak di Jl. Janturan 36 – 38, Warungboto, Yogyakarta. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 22.30 – 01.00 WIB. Jika wisatawan ingin menikmati kelezatan Gudeg Pawon ini lebih baik datang lebih awal supaya tidak antri terlalu lama dan tidak kehabisan. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor 0852 2847 0264.

sumber gambar: dinataayu.wordpress.com

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 18, 2015 in Jogja, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: