RSS

9 Makanan yang Bisa Rusak Jika Disimpan dalam Kulkas

23 Apr

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Umumnya makanan akan dimasukkan dalam kulkas agar tahan lebih lama. Tapi jangan salah Gladis, gak semua makanan perlu didinginkan. Ada jenis makanan tertentu yang memiliki pengawet alami, bahkan bisa rusak bentuk dan rasanya karena terkontaminasi udara dingin. Mau tahu apa saja? Ini dia:

Madu

Madu memiliki pengawet alami sehingga tidak perlu didinginkan. Nantinya glukosa dalam madu akan mengkristal dan kamu kesulitan mengonsumsinya. Meski bisa kembbali seperti semula setelah dihangatkan, akan lebih baik jika tidak menyimpannya di kulkas.

Selai

Selai alami buatan sendiri boleh kamu simpan dalam kulkas, tapi jangan menyimpan selai kemasan. Biasanya ini akan tetap baik selama berbulan-bulan pemakaian. Asal kamu memakai sendok bersih untuk mengambilnya, dan memastikan gak ada remah roti yang jatuh saat menggunakannya.

Kentang

Kentang mudah buruk jika terpapar langsung matahari, tapi memasukkan ke kulkas juga tidak lebih baik. Udara dingin mengubah tepung alaminya menjadi gula. Rasanya bisa berubah dan warnanya juga jadi lebih gelap.

Bawang

Bawang akan tetap kuat berada di udara panas sehingga gak perlu masuk kulkas. Tapi kamu perlu memperhatikan sirkulasi udaranya agar gak cepat rusak. Jika dimasukkan dalam kulkas, jauhkan bawang dari kentang.

Pisang

Memasukkan pisang dalam kulkas memang akan memperlambat proses pematangan, namun warnanya akan menghitam. Apalagi pisang juga memengaruhi makanan di sekitarnya jadi matang lebih cepat. Simpan pisang di suhu kamar, dan jangan letakkan dalam kantong plastik atau wadah bertutup rapat agar gak cepat matang.

Alpukat

Sama seperti pisang, kamu gak perlu memasukkan alpukat dalam kulkas kecuali sudah benar-benar matang. Jika kamu hanya menggunakan setengah, masukkan dalam plastik bening lalu lubangi.

Roti

Roti akan berumur lebih panjang jika dimasukkan dalam kulkas. Tapi rasanya berubah dan teksturnya jadi lebih keras. Letakkan roti hanya di suhu kamar, dan jika masuk kulkas, kamu bisa mengakalinya dengan membuat roti bakar.

Kopi

Kopi dari mulai biji hingga bubuk sebaiknya diletakkan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan. Jika dimasukkan dalam kulkas, kopi akan mulai menyerap kelembaban sehingga rasanya jadi berubah. Apalagi, kopi juga bisa memengaruhi rasa makanan di sekitarnya.

Minyak

Minyak sayur memang akan mudah mencair saat dihangatkan sekalipun sudah beku, tapi menyimpannya pada suhu ruang jauh lebih baik. Asalkan kamu tidak menyimpannya terlalu lama agar baunya gak berubah tengik.

Jadi, sekarang kamu tahu kan makanan apa yang sebaiknya gak disimpan dalam kulkas. Lain kali, simpan dengan tepat sesuai cara-cara di atas ya!

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 23, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: