RSS

Kue Bagiak, Oleh Oleh Khas Banyuwangi

04 May

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

HOBI NGUNYAH – Kota Banyuwangi adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Banyuwangi terkenal dengan potensi wisata alam yang sangat menawan. Seperti pantai dan air terjun yang eksotis. Objek wisata di Banyuwangi, adalah salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ternyata, selain memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa, Kota Banyuwangi juga memiliki potensi kuliner yang wajib untuk di cicipi. Banyak kuliner khas dari kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini berada, salah satunya adalah kudapan kue bagiak namanya.

Menikmati indahnya objek wisata di Banyuwangi, cocok sekali apabila ditemani secangkir teh atau kopi ditambah dengan sebungkus kue bagiak. Kue Bagiak adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang berbentuk kue kering berbentuk bulat panjang.

Kue Bagiak ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, antara lain susu, tepung tapioka, tepung larut, garam, telur, magarine, baking powder dan bahan perasa, yang kemudian di olah menjadi satu adonan dan dicetak sesuai bentuk yang dikehendaki kemudian di oven. Untuk rasanya, kue ini terbilang cukup unik dan bervariasi, antara gurih, asin dan manis yang menjadi satu, karena rasa tepungnya campur, antara manis, asin dan gurih yang terpadu dengan sempurna.

Kue Bagiak ini terdiri dari beberapa rasa, antara lain pisang, moka, keningar, wijen, durian, coklat, jahe, strawberry, nangka, madu dan masih banyak lagi. Nah dari banyaknya varian rasa dari Kue Bagiak itu, jenis bagiak yang paling cepat habis dan paling banyak diminati adalah rasa keningar, karena rasanya yang paling khas, yaitu dominan dengan rasa kayu manis.

Mungkin untuk beberapa orang yang baru mendengar nama Kue Bagiak ini, pastilah yang terlintas dipikirannya adalah sendal kayu yang ada di Jepang atau juga yang sering ada di Jawa. Padahal Kue Bagiak ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Banyuwangi. Nama kue Bagiak ini juga bisa kita temukan di Maluku, tetapi Bagiak khas Banyuwangi ini teksturnya tidak sekeras Bagiak yang ada di Maluku.

Untuk bentuknya, secara fisik kue Bagiak ini bulat-bulat panjang sebesar jempol orang dewasa. Keras di luar, tetapi ketika sudah masuk mulut akan pecah dan menjadi lembek. Nah, jadi teman ngunyah, tidak ada salahnya jika kalian sedang mengunjungi kota Banyuwangi, untuk mampir membeli kue Bagiak ini sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga atau teman. Karena dengan teman ngunyah membeli kue Bagiak ini, juga dapat membantu mengenalkan makanan khas Kota Banyuwangi kepada masyarakat Indonesia, agar dapat kita lestarikan. Salam ngunyah!

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 4, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: