RSS

Daftar 6 Kedai Kopi Arabica Rekomendasi di Kota Banda Aceh

09 May

Dicopas tanpa  basa-basi dari sini

Banda Aceh sudah lebih dahulu dikenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi, hal ini di latarbelakangi dengan terus meningkatnya jumlah warung kopi yang menyajikan kopi khas Aceh . Namun apabila ditelusuri , warung kopi yang menjadikan kopi Arabica sebagai produk utama belumlah menjadi hal yang umum di kota ini, masyarakat kota Banda Aceh yang lebih dahulu terbiasa mengkonsumsi kopi Robusta olahan membuat mereka tidak familiar dengan kopi Arabica yang ironisnya merupakan komoditi unggulan Aceh.

Beberapa pengusaha kemudian melihat peluang ini , mereka hadir ditengah keresahan atas fakta masyarakat tidak mengenal kopi Arabica Gayo yang sudah termasyur dimata dunia . Berikut 6 daftar kedai kopi yang menyajikan kopi Arabica sebagai sajian utama nya yang saya rekomendasi jika anda berkunjung ke kota Banda Aceh :

1. Rumoh Aceh

rumohacehPicture by. cikopi.com

Tidak diragukan lagi bahwa Rumoh Aceh menjadi pelopor yang mempopulerkan Kopi Arabica dan tentu saja Kopi Luwak yang menjadi menu andalannya . Kedai ini memiliki konsep usaha yang memperlihatkan secara jelas adat Aceh , hal ini dapat ditinjau pada bangunan yang berbentuk rumah khas Aceh.

rumoh-aceh4Picture by. cikopi.com

dsc_0013

Berbagai menu kuliner khas Aceh dapat anda temui disini seperti gulai , kari sampai olahan ikan khas Aceh (eungkot keumamah), disini anda dapat menikmati sajian Kopi Luwak Liar sebagai menu andalan Rumoh Aceh. Tata krama sangat dijunjung tinggi di Rumoh Aceh , maka anda tidak diizinkan untuk tertawa terbahak, menaikkan kaki apalagi berbicara hal yang tidak sopan . Sangat direkomendasi bila anda membawa wisatawan untuk mengujungi Rumoh Aceh yang terletak di Jl. Rawa Sakti V No. 122 B, Banda Aceh , mereka membuka usaha nya mulai pukul 09.00 hingga 22.00 , soal harga ? tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa menikmati kopi arabica espresso single dengan menyediakan budget minimal Rp. 10.000 di Rumoh Aceh.

2. Nacha Coffee (Lampineung)

DSC_5695

Kecintaannya pada dunia kuliner membawa Dedy Tabrani membuka sebuah kedai kopi berkonsep modern dengan produk utama Arabica Gayo Specialty , berbagai menu olahan kopi arabica akan disajikan disini dengan mesin espresso Etnica buatan Italia yang tidak lain Dedy menjadi central distributor untuk merk mesin tersebut .

DSC_5689suasana ruang dalam Nacha

DSC_5690Cafe Mocha

Bila anda berkunjung pada waktu tertentu , anda dapat melihat langsung proses penggongsengan biji kopi yang terdapat pada kedai ini . Tentunya akan sangat menarik bukan ? proses ritual seperti ini yang selalu menggugah selera dengan harum nya biji kopi. Sajian yang menjadi favorit ditempat ini adalah sanger arabica dan mocha latte , Nacha terletak di Jl. Panglima Nyak Makam (Lampineung) No. 100 atau lebih tepatnya didepan hotel Hermes Palace dan buka mulai jam 09.00 hingga 23.00 .

3. La Regno

425791_180499938729418_226736146_n

Melanjutkan study nya ke negara Taiwan membuat seorang pria bernama Erick melihat secara jelas perkembangan coffee shop modern yang meyajikan berbagai olahan kopi Arabica menjadi secangkir kopi yang nikmat. Keinginannya menyajikan kopi Arabica berkualitas pun diwujudkan setelah memperoleh gelar MBA, di tanah kelahirannya Banda Aceh Erick membangun sebuah kedai kopi Arabica bernama La Regno yang juga memiliki makna “ini laris” (la reh nyoe : bahasa aceh ).

291945_106536032792476_482786875_n-horzMesin pembuat espresso dan Cappuccino

1506505_3742669940573_1690969736_nErick meracik kopi dengan metode Pour Over

La regno menyajikan Arabica Gayo sebagai kopi utama nya , bisa saya katakan La Regno merupakan kedai kopi pertama di kota Banda Aceh yang menyajikan aneka menu Arabica yang dipadukan dengan susu segar dan syrup seperti yang biasa disajikan kedai kopi dunia sekelas Starbucks. Menu andalan yang menjadi favorit pengunjung adalah Caramel Machiato , tekstur kopi yang lembut diselimuti rasa caramel dan tetap menyisakan rasa kopi membuat minuman ini sangat disukai . La Regno beralamat di Jl. Prada Utama Lr. Delima Timur No. 24 , mereka buka pada jam 10.00 hingga 23.00 .

4. Hip Coffee

hIP

Pada mulanya usaha ini merupakan usaha kaki lima yang menyajikan burger , kemudian seiring berjalan waktu terus berkembang menjadi sebuah cafe yang terletak di Jl. Panglima Nyak Makam (Lampineung) tepatnya didepan kantor Badan Pengawasan Keuangan (BPK).

Novaldin-Sang-Barista-300x208-horzPicture by. Lintas Gayo

Hip Coffee menyajikan kopi arabica dengan mesin espresso merk Conti menggunakan kopi Arabica Gayo Specialty, adapun sang pemilik bernama Novaldin awalnya mengikui kursus Barista (peracik minuman kopi) di Jakarta dan sepulangnya langsung memboyong mesin espresso berikut perlengkapan lainnya untuk menjalankan misi nya yaitu memperkenalkan kopi arabica kepada masyarakat Kota Banda Aceh. Menu yang rasanya patut anda coba adalah Cappuccino , lezatnya kopi arabica dipadukan dengan lembutnya susu dan busa (foam) membuat minuman ini rasanya selalu berkesan. Hip Coffee membuka usaha nya mulai jam 08.00 hingga 23.00.

5. Zam-Zam Coffee

DSC_5608

Sempat terpikir olehku mengapa sang pemilik usaha menamakan usaha nya menjadi Zam-Zam Coffee, apakah karena menggunakan air Zam-Zam dalam penyajian kopinya , rasa penasaran ini akhirnya terjawab saat saya bertanya langsung kepada pemilik usaha . Di kedai ini memiliki menu spesial kopi menggunakan air zam-zam yang didatangkan langsung dari negeri Arab dalam penyajian kopi Arabica .

DSC_5598-horz

Zam-zam coffee sendiri yang baru berumur 1 tahun memiliki menu kopi andalan yaitu Avocado Ice Coffee, menu ini memadukan buah alpukat dicampur dengan single espresso dilengkapi satu scop es krim vanila dibagian atasnya yang membuat lidah anda akan merasakan kelembutan alpukat dan full body yang dihasilkan espresso. Dengan rate harga mulai Rp. 6.000 anda dapat menikmati sajian kopi arabica yang dihasilkan mesin espresso Italia , Zam-Zam Coffee buka mulai pukul 09.00 – 24.00 dengan alamat Jl. Dr.Mr. Moch Hasan (Bathoh) No. 10 , detailnya jika dari sp. surabaya sebelum melewati SPBU sebelah kiri .

6. Harvies

DSC_5138-horz

Memulai usaha kopi yang memasarkannya secara online , kemudian menempatkan outletpenjualan kopi dibeberapa hotel berbintang dikota Banda Aceh hingga akhirnya membuka kedai kopi arabica dengan peyajian unik . Ini merupakan serangkaian perjalanan seorang pengusaha muda bernama Tommy Harvie yang tidak lain pemilik usaha Harvies , disini anda dapat menikmati sajian menu kopi Arabica dan tentu saja Kopi Luwak Liar yang dihasilkan dengan menggunakan alat pembuat espresso ramah lingkungan (tanpa listrik).

DSC_5031-vertberbagai seduhan kopi yang dapat anda temukan di Harvies

pageaneka makanan pelengkap minuman kopi

Tidak puas ? anda juga berkesempatan untuk menikmati kopi dengan metode seduhan manual yang populer dengan sebutan Manual Breewing yakni menggunakan coffee maker seperti syphon coffee maker, vietnam drip dan pour over / V60 . Menu minuman favorit pengunjung adalah Frappe yang variannya Hazelnut, Peppermint dan Caramel. Jika anda ingin bersantai sore dengan suasana jauh dari hingar bingar kendaraan , Harvies patut dijadikan pilihan yang turut menyajikan varian Cake. Secangkir espresso dapat anda nikmati mulai Rp. 7.000 di Harvies yang buka pada jam 15.00 – 22.00 tepatnya di Jl. Salam No. 12 Lampriet , lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan bersebelahan dengan Hotel Madinah jalan lurus hingga ketemu SMP 2 Banda Aceh dan melewati 2 lorong lagi sebelah kiri.

Demikian beberapa kedai kopi yang menyajikan kopi arabica , daftar tempat rekomendasi ini bukanlah berdasarkan urutan kedai terbaik dan pandangan beberapa aspek berdasarkan pengalaman pribadi . Jika anda berkunjung ke Kota Banda Aceh saya akan sangat senang untuk menemani anda berkunjung ke beberapa kedai kopi disini dan jangan sungkan untuk mengontak saya 🙂

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on May 9, 2015 in Aceh, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: