RSS

Yang Anget? Ya Wedang Angsle!

03 Jun

HOBI NGUNYAH – Kota Malang terletak di ketinggian antara 440-667 meter di atas permukaan laut, yang membuat suhu di Kota Malang terasa sejuk. Oleh sebab itu, tidak heran jika Malang terkenal dengan kuliner yang ‘anget-anget’, seperti bakso Malang yang sudah melegenda. Selain bakso Malang, ada satu lagi kuliner yang bikin anget, yang cocok dengan kondisi suhu Kota Malang, Wedang Angsle.

Angsle atau wedang angsle merupakan minuman khas Jawa yang mirip dengan kolak. Dalam khazanah kuliner Jawa, “wedang” merupakan sebutan untuk minuman panas. Minuman ini biasanya terbuat dari air yang direbus bersama jahe, serai dan gula Jawa. Penjual wedang angsle tradisional dulu berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan.

Mencicipi angsle, rasanya akan mengingatkan kita pada wedang lainnya dari Jawa, seperti sekoteng. Rasa khas kuah hasil rebusan Jahe sangat teras. Apalagi, angsle pun memiliki isian yang mirip dengan sekoteng. Ada roti, kacang tanah sangrai, kacang hijjau rebus, serta aroma daun pandan. Yang membedakan, angsle ditambahkan petulo (putu mayang), ketan putih kukus, dan tape singkong.

Selain itu ada hal lain yang membedakan angsle dengan sekoteng, yaitu pada kuahnya. Jika kuah sekoteng hanya rebusan jahe, serai dan gula Jawa, maka kuah angsle ditambahkan santan. Konon, kuah angsle dibuat hanya dengan menggunakan daun pandan, vanili, dan santan. Jahe tidak dimasukkan karena dianggap akan mengubah rasa. Namun karena diberi label “wedang”, kuah angsle pun ditambahkan jahe.

Nah, wedang asle ini bisa teman ngunyah buat sendiri di rumah, loh. Gampang kok! Ini dia beberapa bahan yang harus teman ngunyah siapkan, serta cara membuatnya!

bahan dan cara bikinnya ada disini

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on June 3, 2015 in Resep

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: