RSS

Mengenal Kuaci, Cemilan sedap dari biji tanaman

10 Jul

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Mengenal Kuaci

Kuaci (瓜籽 guā zǐ, biji labu) adalah camilan berupa biji semangka, biji waluh, atau biji bunga matahari yang dikeringkan dan diasinkan. Proses penyangraian memberikan aroma sedap, dan penambahan garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet. Penambah cita rasa dan aroma yang sering dipakai dalam pembuatan kuaci adalah daun pandan, batang serai, kayu manis, kincam, dan pekak.

Pembuatan Kuaci

Setelah nyari-nyari ane akhirnya dapet cara bikin kuaci dari website kabarinews.com Caranya mudah, hal pertama yang perlu Agan lakukan adalah mengumpulkan biji-bijian dari buah melon, semangka dan labu. Biji labu biasanya menjadi favorit karena gurihnya bisa meresap sampai dalam. Siapkan panci, air, garam, tisu/ lap untuk meyerap, minyak sayur, dan oven untuk memanggang dan toples. Pertama-tama panaskan air dalam panci, tambahkan garam. Untuk perbandingannya, masukan satu sendok teh garam untuk satu cangkir biji kuaci. Biarkan mendidih, lalu masukan kuaci. Setelah semua biji kuaci masuk, kecilkan api dan masak selama 2 jam, angkat lalu saring. Letakkan biji kuaci diatas tisu atau lap kering agar seluruh air dapat keluar dari kuaci. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Langkah kedua, siapkan toples. Masukan biji kuaci ke dalam toples dan tambahkan beberapa sendok makan minyak sayur, campur sampai merata pada biji. Berikutnya panggang biji dengan suhu 350 derajat Celsuis selama 30 menit, sesekali kocok-kocok agar tidak gosong. Keluarkan dari oven lalu taburi dengan garam dan biarkan dingin. Agan bisa segera menikmati kuaci buatan sendiri atau menyimpannya untuk cemilan berikutnya. Simpan dalam toples dan dapat dinikmati kapan saja. Cemilan ini bisa tahan sampai satu tahun katanya Gan!
Nanti ane mau coba bikin ah!

Manfaat dari Kuaci

Menurut mbah wiki, kandungan gizi kuaci bergantung kepada bahan baku. Kuaci biji bunga matahari berwarna kehitaman, dan banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin E. Komponen paling dominan pada minyak biji bunga matahari adalah asam lemak tak jenuh (88%), antara 44% hingga 72% adalah asam linoleat. Kadar protein kuaci semangka dan biji bunga matahari masing-masing 28,3 g/100 g dan 22,8 g/100 g. Kadar lemak pada kuaci biji semangka 47,4 g/100 g dan biji bunga matahari 49,6 g/100 g.

Seperti dikutip merdeka.com , kuaci biji bunga matahari adalah pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker. Kuaci juga memiliki mineral yang baik bagi kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai bonusnya, kuaci mengandung vitamin E yang membantu penderita nyeri sendi meredakan kondisinya. Kandungan magnesium dalam kuaci adalah ‘obat penenang’ sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain, dan tetap rileks. Kuaci biji bunga matahari pun mampu menyehatkan kulit dari dalam. Sebab di dalamnya mengandung vitamin E yang menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh inflamasi alami seperti nyeri sendi, lesi pada lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci. Sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik. Makan satu perempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya kuaci membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri.

Sementara menurut informasi dari segiempat.com kuaci dalam memperbaiki sistem pencernaan karena kuaci yang berasal biji bunga matahari memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari adalah untuk mencegah kesehatan tulang, mencegah kram otot dan mencegah radang sendiri. Hal ini karena biji bunga matahari banyak mengandung mangnesium.

Dan ternyata kuaci juga dapat melindungi daya ingat loh Gan! Menurut informasi yg ane dapat darigudangkesehatan.com kandungan vit E yang tinggi pada kuaci melindungi neuron dalam otak, hal ini menyebabkan kuaci melindungi otak dari tingkat stres dan depresi sehingga kuaci dapat melindungi daya ingat bila sering dikonsumsi. Dari artikel http://www.artikelkesehatan99.com , peran lain dari magnesium adalah mencegah kalsium mengalir menuju sel-sel saraf. Hadirnya magnesium dapat membuat sel-sel saraf, peredaran darah, dan otot tetap rileks. Apabila kekurangan magnesium, kalsium dapat mengalir ke sel saraf yang berpotensi mengganggu kinerjanya.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 10, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: