RSS

Tips & Trik Memotret Makanan saat Liburan

13 Jul

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Ketika foto makanan yang Anda unggah di media sosial bisa mengunggah selera makan orang yang melihatnya. tetapi kalau foto tersebut tidak bagus yang ada teman teman malah menganggap anda pamer, nah engga mau kan dianggap pamer. ada tips dan trik agar foto food itu menjadi bagus dan menarik serta tidak merusak padangan mata. Nah, agar food selfie yang Anda unggah tersebut bisa ‘dinikmati’ banyak orang, ada beberapa trik bagaimana memotret makanan atau minuman yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih tempat duduk dekat jendela

Foto Kuliner Bebek Crispy di Kintamani Bali.
Umumnya rumah makan atau restoran punya cahaya yang redup dan gelap, kalau sudah begini bagaimana bisa mendapatkan cahaya yang cukup untuk foto kuliner kita. salah satu caranya adalah cari tempat duduk yang dekat jendela. Ini terkait dengan pencahayaan yang sangat penting dibutuhkan untuk memotret makanan atau minuman. “Yang terbaik ketika memotret makanan pada saat traveling adalah pencahayaan yang natural (sinar matahari).

2. Memakai lensa bukaan besar (misal F 1.4 atau 1.9).


Lamb Chop (iga kambing goreng) gunakan lensa bukaan besar untuk memberikan background menjadi blur.
pernah melihat gak para Food Blogger ketika mengabadikan makanannya, mereka rata2 memakai DSLR atau kamera mirrorless. bahkan lensa yang digunakan kebanyakan adalah lensa fix yang punya bukaan yang besar, buat yang kurang mengerti teknik fotografi. lensa bukaan besar itu dapat menangkap cahaya yang minim, rata rata punya bukaan F 1.4 atau 1.8 semakin kecil angkanya semakin besar bukaannya dan semakin mudah menangkap cahaya. sebaiknya menggunakan lensa yang memiliki ukuran 60 mm, atau jika ada yang lebih besar lagi, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih detail. lensa dengan bukaan besar ini Ini akan memaksimalkan cahaya yang didapat dan juga memblurkan background makanan.

3. Jangan di-close up khusus kuliner nusantara.


Gulai Kepala ikan dan berbagai macam lauk lainnya di Warung Makan Bukit Tinggi Sumatera Barat.
Ada istilah kuliner eropa itu sangat cantik dilihat dan difoto, tetapi pada saat dicoba hmm belum tentu rasanya lezat. berbeda dengan kuliner nusantara Indonesia, dilihat rata rata engga ada yang indah, tetapi ketika dinikmati nyamm benar2 menggoda selera. khusus untuk memfoto makanan khas Indonesia, saya menyarankan sebaiknya tidak menerapkan close up atau memotret makanan dari jarak dekat. Karena justru akan merusak penampilan dari makanan itu sendiri. Sebaliknya, saat memotret makanan Nusantara, sebaiknya mengumpulkan aneka makanan-makanan yang tersedia baru kemudian difoto dari atas.


ambil angle lurus diatas dan gabungkan kuliner beserta lauk pauknya, agar terlihat lebih enak untuk dimakan.
“Misalnya rendang, kalau difoto close up kan bentuknya engga karuan. Sebaiknya kumpulkan makanan padang itu, sayurannya, sambal, gulai dan lainnya, baru kemudian difoto berbarengan dari atas. Jadi semua dapat,”

4. Komposisi menentukan prestasi.


aneka macam sushimi ini dirangkai sedemikian rupa, sehingga enak untuk dilhat apalagi disantap..nyam2..
untuk foto makanan memang tidak ada aturan yang baku, ada yang suka di closeup dan ada yang suka memotret dengan aneka pernak perniknya. khusus kuliner Beri hanya 30 sampai 40 persen proposisi komposisi. Jika tetap ingin memfokuskan satu makanan dalam kumpulan makanan-makanan tersebut, Jangan 80 sampai 90 persen atau close up. Dengan komposisi 30 sampai 40 persen itu, orang sudah tahu kok mana makanan yang menjadi objek utama meski difoto dalam dalam kumpulan makanan tersebut,”

5. Gunakan Background yang Netral.


ini kuliner favorite saya, Ikan Patin bakar asli dari sungai. menyantapnya di Warung Makan di Erau Borneo.
Foto makanan akan sangat mengganggu bagi yang melihat ketika background atau mejanya berantakan, Gunakan background Netral. tidak memiliki corak dan cenderung polos, jikapun memiliki corak pastikan tidak tabrakan dengan warna makanan. sebelum makan sebaiknya rapikan dahulu mejanya.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on July 13, 2015 in tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: