RSS

Minum kopi sehat gak sih??

11 Aug

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Minum kopi baik atau buruk untuk kesehatan?
Mari kita bahas sama-sama agan…

Berapa banyak peminum kopi di luar sana pernah bertanya pada agan sendiri “Berapa banyak gelas kopi sih dibilang kebanyakan?”
Cangkir pertama selalu turun begitu cepat, dan tak lama keinginan untuk secangkir kedua bahkan ketiga akan terus muncul. Merasa mengantuk setelah makan siang yang besar dan tiba-tiba kopi mulai berteriak memanggil nama Anda



Kita semua tahu mengapa kita minum kopi. Kopi memiliki kafein dan kafein memberi kita energi. Kafein juga adiktif, dan itulah banyak yang berpikir bahwa menghadapi pagi tanpa kopi itu tak tertahankan. Ada juga aspek ritual kopi. Banyak orang hanya menikmati ritual harian secangkir kopi dengan berita pagi mereka atau kongkow dengan teman-teman. Namun, hampir semua peminum kopi akan mulai berpikir untuk mengurangi kebiasaan minum kopi atau bertanya-tanya apakah kebiasaan kopi mereka merugikan kesehatan mereka.

Perdebatan manfaat dan kerugian dari minum kopi menjadi kontradiksi di masa sekarang ini. Sementara satu ahli kesehatan akan menyarankan agar tidak meminum kopi, yang lain akan menganjurkan minum dengan jumlah yang wajar, dan yang lain lagi akan memuji manfaat dari kopi.
Jadi apa adalah kebenaran tentang kopi? Bisakah kita menyerah pada dorongan keinginan untuk minum kopi dan menikmatinya, atau sebaiknya kita melindungi kesehatan kita dan menghindari kopi?

Untungnya bagi peminum kopi, sudah mulai banyak badan penelitian mulai menunjukkan bahwa ada manfaat kesehatan bagi kopi bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Berapa banyak cangkir kopi yang aman diminum?

Sebuah studi diselesaikan oleh Harvard School of Public Health telah menemukan bahwa kita dapat mengkonsumsi sampai 6 cangkir kopi sehari tanpa meningkatkan risiko kami kematian dari segala penyebab. Penting untuk dicatat bahwa dalam penelitian ini secangkir kopi dianggap 8 ons dengan 100mg kafein. Sebagai titik perbandingan, kopi ukuran Grande dari Starbucks adalah 16 ons dengan sekitar 330mg kafein. Jadi sementara tampaknya bahwa kita dapat mengkonsumsi cukup banyak kopi sehari, kita juga harus menyadari bahwa ada efek samping jangka pendek untuk minum kopi terlalu banyak. Tergantung pada toleransi individu untuk kafein, kopi dapat memperburuk insomnia, kecemasan meningkat, dan menyebabkan iritasi. Sebagai aturan praktis yang baik, jika Anda minum kopi terlalu banyak, Anda merasa stres, marah, mengalami tremor atau mengalami kesulitan tidur. Ingat bahwa kafein dalam kopi sifatnya adiktif, dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang dan sesuai kebutuhan.

Apakah ada manfaat bagi kesehatan saya dari minum kopi?

Ya, menurut penelitian Harvard dan banyak studi baru lainnya, kopi dapat menjadi sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, kanker hati, dan sirosis hati. Bahkan lebih mengejutkan adalah bahwa penelitian telah menemukan bahwa peminum kopi biasa berada pada risiko lebih rendah dari kematian akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. Meskipun masih ada banyak penelitian yang harus dilakukan, hal ini menjadi lebih dan lebih jelas bahwa kopi lebih dari sekadar sarana untuk pengiriman kafein. Unsur-unsur non-kafein kopi yang terbukti sangat kaya akan antioksidan. Ini adalah berita bagus bagi peminum kopi, tetapi penting untuk diingat bahwa studi ini belum definitif dan penelitian yang masih berlangsung untuk lebih membuktikan manfaat ini.

Apakah ada orang yang seharusnya tidak minum kopi?

Meskipun agak kontroversial, telah ada beberapa penelitian yang menunjukkan asupan kopi tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Sekali lagi, penelitian ini tidak definitif, tapi itu adalah risiko yang perlu dipertimbangkan secara serius. Apa yang diketahui dengan pasti adalah bahwa kafein akan mencapai janin, yang sangat sensitif terhadap kafein. Ada juga beberapa perdebatan mengenai apakah orang-orang dengan tekanan darah tinggi harus minum kopi. Studi belum menemukan indikasi bahwa konsumsi kopi meningkatkan salah satu risiko yang terkait dengan tekanan darah tinggi atau lebih berkontribusi terhadap penyebabnya. Karena itu konsumsilah kopi dalam jumlah yang wajar.

Singkatnya, tampaknya bahwa minum kopi hampir tidak berbahaya seperti yang sering diberitakan, dan sangat mungkin jauh lebih menguntungkan. Bagi mereka yang benar-benar menikmati kopi mereka, aman untuk terus meminumnya. Jika Anda mencoba untuk mengadopsi gaya hidup sehat, memusatkan perhatian pada makan yang lebih baik dan meningkatkan aktivitas fisik. Juga, ingat bahwa kopi seperti yang dibahas di sini berarti kopi hitam, bukan Frappuccino Starbucks. Mulai menambahkan sejumlah besar susu dan gula untuk kopi Anda dan Anda akan segera lebih besar daripada manfaat kesehatan yang positif dengan negatif. Ini adalah kopi murni yang menawarkan manfaat kesehatan, dan dalam hal minuman berkafein itu adalah adil untuk mengatakan bahwa kopi adalah salah satu pilihan yang lebih sehat di luar sana.

Semoga Bermanfaat!

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: