RSS

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

19 Aug

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Sebagian besar orang memberikan stigma bahwa kecerdasan otak merupakan bawaan sejak lahir. Padahal, bukan sebuah kemustahilan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain dengan melakukan pelatihan-pelatihan tertentu yang dapat merangsang perkembangan otak, asupan nutrisi tertentu juga dapat meningkatkan kecerdesan otak. Ada beberapa makanan sehat yang diketahui dapat meningkatkan kecerdasan otak.

1. Walnut

Walnut atau semacam kacang kenari sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak karena mengandung omega-3 yang tinggi. Selain itu, omega-3 dan kandungan zat antioksidan lainnya yang ada dalam walnut diketahui bisa mengurangi peradangan otak serta mengurangi risiko terjadinya penyakit demensia dan alzheimer.

2. Kafein

Jangan berburuk sangka dahulu pada kafein. Untuk jangka pendek, kafein diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan kafein pada secangkir teh atau kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang dengan cepat. Walaupun demikian, anda dianjurkan untuk mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein secara moderat, tidak berlebihan. Ini karena tingginya asupan kafein dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

3. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Buah berry juga diklaim mampu mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada otak. Blueberry juga diyakini dapat memperlambat penuaan.

4. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat penuaan. Ini berkat kadar folat yang tinggi dalam bayam. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak sayuran umumnya mempunyai kemampuan otak yang lebih baik.

5. Wortel

Wortel memiliki kandungan luteolin, senyawa yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada otak. Para ahli yakin bahwa dengan mengurangi peradangan, luteolin bisa membantu mengurangi risiko penurunan memori yang berhubungan dengan usia. Luteolin juga terkandung dalam seledri dan paprika.

6. Ikan

Ikan, terutama ikan salmon, merupakan salah satu makanan terbaik yang mengandung omega-3, di mana kandungan ini sangat penting bagi fungsi otak. Omega-3 juga mempunyai sifat yang dapat mencegah peradangan (anti-inflamasi). Omega-3 juga diketahui dapat memperlambat penurunan kognisi yang disebabkan penuaan dan dapat mencegah demensia.

7. Avokad

Tidak hanya memiliki rasa enak, buah ini memperkuat fungsi otak secara signifikan. Avokad memperlancar peredaran darah dan oksigen ke otak, serta memicu kecakapan perencanaan dan berpikir secara kritis. Buah yang mengenyangkan ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang melindungi sel-sel saraf dalam otak. Karena mengandung kalori tinggi, Anda disarankan mengonsumsi seperempat atau setengah porsi sekali makan.

8. Coklat hitam

Menurut penelitian di Universitas Harvard, AS, coklat hitam membuat Anda lebih pintar. Flavanol, senyawa alami dalam biji kakao, dapat meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on August 19, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: