RSS

Kuliner Khas Tegal : Tahu Pletok

09 Sep
Dicopas tanpa basa-basi dari sini
Tahu petok petok…?..Bukan teman2..kalau petok petok tuch ayam..yang ini tahu pletok…hihi. Kalau daerah Jawa Barat punya cireng..Jawa Tengah khususnya daerah Tegal juga punya cemilan gurih enak berbahan dasar aci..yaitu tahu aci dan tahu pletok. Kalau tahu aci..bentuknya mirip tahu bakso..tahu di potong serong ..lalu di isi adonan aci..sedang tahu pletok..tahunya di belah memanjang , terus adonan acinya di oleskan di atasnya. Kedua jenis cemilan ini merupakan salah satu oleh2 terkenal dari Tegal.

Tahua aci dan tahu pletok..aku suka semua..tapi paling suka kok tau pletok ya..karena adonan acinya terbuka..jadi bisa kering dan renyah hasilnya. Panas2…di nikmati pakai sambal kecap ..wah..bener2 enak. Ini makanan terenak yang aku rasakan sejak lidahku pahit beberapa hari ini..hihi..*lebay..*. Tapi beneran enak lho..tadi pulang dari pasar kehujanan..naik mobil sich..tapi turun dari mobil..buka pager angkut belanjaan dll..sendiri…ya tetep aja kena hujan..deres banget..hihi..soalnya *pak Bos*..udah dadan rapi mau ngantor..nganter ke pasarnya..jadinya duduk manis aja nunggu di mobil..hihi. Nggak pa2 dech..daripada nggak punya stock lauk buat Yodha. Dan bener juga sich..tukang sayur ndak ada yang lewat..karena dari malam hujan deras, mungkin ndak pada jualan. Sampai rumah kok pengen makan yang anget2 dan gurih2…soalnya belum sarapan..cuma sempat ngabisin sisa sarapan Yodha di piring beberapa suap..hihi..*emak2 memang tukang sapu ya….tukang sapu piring anak..*

Tahu pletok ini aslinya adalah daur ulang dari tahu aci. Tahu aci di pedagang yang tidak terjual..kemudian di belah jadi tipis..kemudian di goreng lagi hingga kering. Nah..karena rasanya jadi garing dan renyah..akhirnya tahu pletok pun di sukai pembeli..sehingga di jadikan varian baru dari tahu aci. Mengapa di sebut tahu pletok..karena ketika di goreng bunyi..pletok..pletok..gitu adonan acinya..terkena minyak panas. begitu sich..sejarah tahu pletok dari yang aku baca ya. Jika ada teman2 yang asli Tegal..maaf ya..jika salah..hihi.

Tahu pletok ini paling enak jika pakai tahu khusus dari Tegal..tahunya berwarna kuning dan padat serta kenyal..enak dech pokoknya…di toko daging langgananku selalu ada. Tapi karena tadi cuma di pasar ya..nggak ada..adanya yang agak padat adalah tahu Surabaya..jadi aku pakai aja itu..dan hasilnya tetep enak kok. Alhamdulilah..lidah mulai normal kembali..di kasih makan cemilan yang murah meriah aja kok ya ngerasain nikmat..hihi. Beneran murah meriah lho ini teman..modalnya cuma tahu sama aci atau tepung tapioka aja..tapi bisa jadi cemilan yang enak banget. Tapi memang tahu pletok ini harus di makan langsung ya..begitu matang..dalam kondisi hangat..jadi rasa acinya masih kriuk2 renyah..di cocol sambal kecap..sedap..! Kalau udah dingin ya bakalan jadi kenyal kenyal lagi acinya..alias melempem..hihi..tapi jika masih sisa..bisa di panasin lagi sich kalau mau makan..supaya tetep enak tahu pletoknya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika mau cemilan gurih2 dan hangat buat teman minum teh hujan2 gini…ini dia resepnya ya..^^

Tahu Pletok
 
Bahan :
5 buah tahu padat, masing2 belah jadi 3 bagian tipis ( aslinya sich tahu di belah dan di lebarkan saja..tidak sampai putus…tapi aku suka lebih tipis..supaya tahunya juga jadi garing..karena tadi nggak pake tahu Tegal..)
100 gram tapioka
25 gram tepung terigu
80 ml air
2 buah bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
2 batang daun bawang, iris halus
Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali daun bawang, tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan rata.
Masukkan daun bawang, aduk rata.
Ambil satu potong tahu, olesi dengan adonan aci secukupnya..lalu goreng hingga matang dan kering adonan acinya.  Sajikan segera panas2 dengan sambal kecap.
Sambal kecap, aduk rata :
3 buah cabe rawit merah, iris tipis2
1 buah bawag putih ukuran kecil, haluskan
3 sendok makan kecap manis
1/8 sendok teh garam

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 9, 2015 in Resep, Tegal

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: