RSS

Buah Tangan Terfavorit dari Kota-Kota di Indonesia

10 Sep

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Siapa sih yang nggak suka traveling? Pasti semua suka kan. Nah, ketika kita traveling ke suatu tempat pasti ada yang minta oleh-oleh. Atau kita sendiri yang berniat membelikan oleh-oleh. Apa saja oleh-oleh favorit dari masing-masing kota. Cekidot:

1. Yogyakarta

Klo ada yang berkunjung Yogyakarta pasti hampir semua minta oleh-oleh bakpia. Bakpia memang oleh-oleh khas Yogyakarta. Namun saat ini banyak orang menyukai Bakpia Kurnia Sari. Walaupun baru dirintis pada tahun 1996, Bakpia Kurnia Sari mulai disebut-sebut sebagai Bakpia Kualitas Premium, baik dalam hal rasa maupun ukurannya. Harga bakpia ini dipatok relatip sama dengan para pesaing yang notabene adalah pemain-pemain lama, namun Bakpia Kurnia Sari mempunyai berbagai kelebihan diantaranya : kulit tidak keras/lembut, isi padat, ukuran lebih besar dan tentu saja rasanya .. uenaak .. baik disantap saat masih hangat maupun dingin… pak Bondan bilang lebih nendang …. alias maknyus. Selain itu “Metode pengolahan Bakpia Kurnia Sari membuat bakpia ini masih tetap awet hingga 10 hari setelah diproduksi meskipun tidak disimpan di dalam kulkas. Kalau disimpan di kulkas bahkan bisa tahan hingga 3 minggu,

Bakpia Kurnia Sari tersedia dalam 5 pilihan rasa, yaitu : Kacang Hijau, Kumbu Hitam, Keju, Susu dan Cokelat yang dikemas dalam kotak isi 15 dan 20. Gerai Bakpia Kurnia Sari terdapat di 3 lokasi :
Jln Glagah Sari 91C Jogjakarta.
Jln Glagah Sari 112 Jogjakarta
Ruko Permai Pogung Lor No 6. Jln Ringroad Utara Jogjakarta (sebelah Ahmad Dhani School Rock of Music), Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman
Untuk pemesanan pada hari-hari biasa dapat dilakukan langsung pada hari yang sama, karena stok biasanya masih tersedia. Namun jika hari libur panjang (liburan sekolah, Idul Fitri, Natal, tahun baru, dll.) pesanan sebaiknya dilakukan 3 hari sebelumnya.

2. Surabaya

Almond crispy merupakan jajanan yang sedang hits di Surabaya. Meski awal kemunculannya masih belum cukup lama, namun almond crispy berhasil menjadi primadona oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini. Jajanan ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk juga keju dan almond sebagai topping. Biar pun bahannya cukup praktis dan sederhana, namun rasa yang dihasilkan tak boleh dianggap remeh.

Almond crispy terdiri dari tiga varian rasa utama yaitu original cheese, cokelat dan grean tea. Ketiganya sama lezat dan membuat agan tak akan berhenti mengunyah sejak gigitan pertama. Almond crispy yang sangat tipis dan renyah ini cocok sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Salah satu produsen almond crispy yang populer di Surabaya adalah Wisata Rasa yang terletak di Jalan Raya Jemursari No. 164.

3. Medan

Bolu meranti adalah oleh oleh kuliner khas medan yang paling digemari. Dalam hal kualitas rasa, tidak diragukan lagi memang jagoan. Tekstur cake lembut dan fresh. Bahkan setelah dimasukkan ke lemari pendingin beberapa hari masih terasa moist. Aroma cake terasa lembut. After taste terasa creamy, karena pemakaian butter dan margarin yang dominan, namun diimbangi oleh bahan berkualitas tinggi. Produk roll cake bisa bertahan tiga hari di luar lemari pendingin, namun sebaiknya di hari ketiga segera disimpan di lemari pendingin, maka rasanya akan tetap nikmat.

Pelanggan yang datan ternyata tidak terbatas pada turis lokal yang datang ke Medan, namun juga turis dari manca negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang dan China. Kalau tidak sempat mampir ke gerai Bolu Meranti di Jalan Kruing No 2 K, bisa juga membeli di bandara kualanamu tapi yang jelas harganya lebih mahal.

4. Denpasar

Pie susu merk “asli enaaak” merupakan pie susu pertama yang ada di Bali, sudah berdiri sejak tahun 1989. Pie susu ini terkenal juga dengan sebutan Pie Susu Jalan Nangka atau Pie Susu Gang Nuri. Ketenaran dan kelezatan pie susu ini membuat cemilan ringan ini cocok dibeli untuk oleh-oleh.
5. Bandung

Kue dari Bandung ini telah menjadi salah satu pilihan wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarganya atau koleganya di kota asalnya. Ada idiom yang melekat di antara wisatawan, belum disebut ke Bandung kalau tidak bawa pisang bolen Kartika Sari.

Pisang bolen ini mulai diperkenalkan pada 1984. Pada tahun itu juga bisnis kue itu diberi nama Kartika Sari oleh pemilknya. Awalnya Ratnawati Purnomo, sang pendiri sangat hobi membuat kue, seperti bolu kukus, kue lapis dan beberapa kue lainnya. Kue buatan Ratnawati ini banyak yang menyukai sehingga terlintas untuk menjadikan hobinya sebagai lahan bisnis. Pisang bolen telah menjadi makanan favorit wisatawan dan warga Bandung. Untuk menjaga kualitas rasa Kartika Sari tetap mempertahankan resep turun temurun. Sejak diperkenalkan hingga sekarang rasa pisang bolen tetap renyah dan nikmat.

Pisang bolen adalah pisang dan keju dibalut dalam adonan kulit pastry. Perpaduannya melahirkan rasa yang tiada duanya. Untuk memberikan pilihan pada penggemarnya Kartika Sari juga memperkenalkan bolen rasa lain yang menggugah selera, seperti pisang bolen cokelat, peuyeum (tape) bolen, durian bolen, kacang hijau bolen dan apel bolen.

6. Makassar

Otak-otak ikan tenggiri Ibu Elly merupakan yang sangat ternama di Makassar. Banyak tokoh masyarakat dan seniman tanah air yang mampir ke toko ini saat bertandang ke Makassar. Hal ini terlihat dari pajangan-pajangan foto yang tertampang di salah satu dindingnya.

Apalagi, pemiliknya yang bernama Elly mengakui salah satu pelanggannya yaitu mantan wakil kepala negara di negeri ini, yakni Jusuf Kalla yang merupakan putra daerah Sulawesi Selatan. Otak-otak buatan Elly sangat sederhana. Bahan utamanya merupakan ikan tenggiri yang berukuran cukup besar. Bedanya, otak-otak buatannya dinikmati dengan sambal petis. Sambal petis yang ia buat berwarna kecokelatan dengan rasa asam manis. Berbeda dengan sambal petis yang biasa dibuat di daerah Jawa.

Elly mengolah otak-otaknya dengan dikukus diselimuti daun pisang batu. Dipilihnya daun pisang batu bukan tanpa alasan. Karena jika menggunakan daun pisang yang lain, warna daun bisa luntur saat pengukusan. Mengakibatkan warna daun otak-otak tidak segar saat disajikan. Bila berniat menjadikan otak-otak Ibu Elly sebagai buah tangan bagi keluarga sehabis pelesir di Makassar, merupakan pilihan tepat. Karena, Elly mengatakan, otak-otaknya bisa bertahan hingga satu bulan bila disimpan di lemari pembeku (freezer). Tokonya berada di Jalan Kijang No. 7D Makassar. Pengunjung tak hanya bisa memborong otak-otak tetapi juga menikmatinya di tempat karena disediakan kursi dan meja di depan toko. Di belakang toko pun sekaligus sebagai tempat pengolahan otak-otak.

7. Palembang


Pempek CANDY adalah toko pempek yang sangat populer di kota Palembang dan sudah memiliki jaringan toko yang hampir tersebar di kota Palembang , Namun toko Pempek CANDY tidak membuka cabang di luar Sumatera Selatan, sehingga sangat pantas untuk menjadi oleh-oleh khas kota Palembang. Pempek Candy merupakan pempek Palembang asli dengan menggunakan ikan yang masih segar dan asli sehingga rasanya gurih.
8. Semarang

Semarang memiliki banyak sekali warung loenpia, namun dari semua itu, warung loenpia Gang Lomboklah yang paling terkenal. Loenpia Gang Lombok selain terkenal karena rasanya yang dasyat, juga merupakan warung loenpia tertua di Semarang. Dengan mempertahankan keaslian rasa resep loenpia asli, warung loenpia Gang lombok mampu bertahan hingga saat ini. Pemilik Loenpia Gang Lombok ini merupakan generasi ketiga dan merupakan generasi tertua keturunuan Tjoa Thay Yoe, pencipta resep Loenpia Semarang.

Warung Loenpia Gang Lombok berada di Gang Lombok N0.11 Kranggan, Semarang Tengah. Warung ini berada tepat di samping Klenteng Tay Kak Sie. Walaupun tempatnya sederhana dan kecil, namun pengunjung rela antri dan duduk berhimpitan demi dapat menikmati kuliner khas Semarang ini. Pengunjung yang datang bukan hanya berasal dari kawasan Semarang saja namun juga berasal dari luar daerah.

Yang menjadi ciri khas Warung Loenpia Gang Lombok adalah isi loenpianya. Loenpia Gang Lombok berisi campuran udang, ayam, telur dan rebung. Keistimewaan loenpia di Warung Loenpia Gang Lombok adalah racikan rebungnya yang tidak berbau pesing seperti bau rebung pada umumnya, serta isi loenpianya yang sangat banyak seakan kulit loenpianya tidak mampu menahan isinya. Rasa udangnya akan sangat terasa jika agan memakannya. Warung Loenpia Gang Lombok buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga pukul 16:00 WIB. Harga satu buah loenpia basah maupun kering sekitar Rp10.000,-.Sebagai info tambahan, menurut Pak Bondan Winarno, loenpia di Gang Lombok ini tidak halal, karena dalam campuran isinya diberi daging babi. Jadi alangkah baiknya agan bertanya terlebih dahulu kepada pembelinya apabila agan merasa ragu dengan hal ini.

9. Bogor

Bentuknya yang mungil serta tekstur roti yang lembut dengan banyaknya varian pilihan rasa menjadikan Roti Unyil “VENUS” menjadi salah satu ikon kuliner kota Bogor. Apalagi buat para wisatawan yang berkunjung ke kota hujan ini, Roti Unyil seolah menjadi buah tangan wajib yang harus dibawa untuk kerabat di tempat asalnya. Lebih dari dua puluh varian rasa yang tersaji di outlet Roti Unyil ini, sebut saja roti coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, nanas, fla coklat, baso, abon, daging asap dan sebagainya. Semua roti mungil ini dibandrol dengan harga yang sama, Rp. 1450,- per buah.

Walau banyak outlet yang menjajakan Roti Unyil “Venus” ini, akan tetapi jika mau mendapatkan varian lengkap dan jumlah roti yang banyak, datanglah ke pusatnya yang berada di Ruko V-Point Jl Pajajaran yang berlokasi di samping Plaza Ekalokasari Bogor. Di outlet yang buka dari pukul 05.30 sampai jam 9 malam ini, varian roti yang disajikan paling lengkap. Tapi tentunya jika belum kehabisan. Biasanya kalau menjelang sore, varian yang tersedia sudah mulai menipis. Dan bersiap-siaplah jika ingin membeli roti unyil ini di akhir pekan, antrian panjang selalu tampak di depan rak-rak tempat memajang aneka roti unyil ini. Jadi kalo mau mencari oleh-oleh dari Bogor, Roti Unyil Venus ini dapat menjadi pilihan utama buat agan.

10. Manokwari/Papua

Traveling ke Papua, tentu tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh makanan khas untuk teman atau keluarga di rumah. Selain ikan asap, salah satu yang tidak kalah nikmat adalah roti abon sapi. Rotinya tebal dan dagingnya banyak!

Sejatinya, roti abon merek Hawai berasal dari Manokwari. Namun seiring dengan popularitasnya, Roti Abon Hawai mulai membuka cabangnya di beberapa lokasi di kota besar Papua. detikTravel pun sempat mampir ke toko agen distributor yang terletak di Jalan Raya Sentani, Komplek Ruko Jayapura Pasifik.

11. Padang


Keripik Balado Christine Hakim Oleh-oleh terkenal khas Padang. Tahun demi tahun usaha keripik Christine Hakim semakin meningkat sehingga usaha Keripik Christine Hakim sudah dapat menempati ruko yang berlokaso di Jl. Nipah no 38 Padang (dekat jembatan Siti Nurbaya). Berkat usaha dan kerja keras penguasa Keripik Balado ini sekarang Kerpik Balado merupakan icon oleh-oleh di Kota Padang yang paling laku dan enak sehingga mendapatkan penghargaan dari Indonesia Book of Record. Dalam menjalan usahanya Christine Hakim bermitra dengan dinas instansi pemerintah seperti Deperindag , Pariwisata, dll sehingga usaha Keripik Christine Hakim bisa menjual bebagai macam makanan khas Sumater Barat yang berkualitas yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota. Pada saat ini sudah dapat merekrut tenaga kerja *20org. Untuk kemasan, Christine Hakim sudah menggunakan box pada kemasan produknya.

12. Malang


Keripik buah sepertinya lebih disukai wisatawan. Yang paling favorit tentu saja keripik apel, buah yang terkenal dari Malang. Kemudian ada keripik salak, keripik nangka dan yang lebih unik lagi ada keripik melon, mangga, rambutan, lengkeng, dan semangka.

Harga setiap keripik ini juga tidak mahal. Sekantung keripik apel hanya Rp 13.000, keripik nangka Rp 10.500, keripik salak Rp 11.000, keripik jamur Rp 8.500 dan keripik ceker Rp 13.000.

Salah satu pusat belanja oleh-oleh khas Malang yang menjadi favorit wisatawan adalah toko keripik buah Lancar Jaya. Toko Lancar Jaya terdapat di Jl Sanan No 30 dan Jl R Tumenggung Suryo No 86, tinggal pilih yang paling dekat dengan lokasi Anda berada ketika liburan ke Malang. Meskipun sudah malam, namun toko oleh-oleh tetap ramai. Lancar Jaya memang menyediakan aneka jenis keripik untuk dijadikan oleh-oleh.

13. Kudus


“Jenang Kudus Mubarok” adalah salah satu penguasa pasar jenang di Kudus. Pemasarannya tidak hanya menjangkau kota-kota lain bahkan hingga mancanegara. Dengan mengutamakan kualitas jenang dan citarasa juga bentuk kemasan yang menarik Jenang Kudus Mubarok mendapat tempat tersendiri di hati konsumennya.

Di toko Sinar Tiga-Tiga, Jalan Sunan Muria No 33 Kudus, Jawa Tengah, saat ini satu-satunya toko resmi yang menjual Jenang Mubarok. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus kertas kaca, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus. Sejatinya di Kudus, banyak home industry (industri rumahan) jenang. Namun, yang cukup besar dan terkenal adalah Jenang Mubarok.

14. Bojonegoro:

Kota Bojonegoro sangat identik dengan kota ledre. Ada cukup banyak pengrajin ledre yang bisa kita jumpai. Hampir di setiap sudut kota Bojonegoro dihiasi oleh toko oleh-oleh yang menjual pisang ledre dengan merek serupa, terutama di kawasan Padangan.

Salah satu pengrajin ledre pisang adalah ledre pisang Ibu Arifin yang berlokasi di Jalan Kartini No. 40, dekat dengan perempatan Padangan, Bojonegoro. Ibu Arifin ini memulai usahanya mulai dari tahun 1985, sebelumnya Ibu Arifin bekerja dengan orang lain sebagai pembuat ledre juga.

Soal lokasi boleh dibilang sederhana, tapi dalam pengemasan produk-produknya cukup cantik dan menarik. Warnanya terlihat hidup dan sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun sahabat dekat.
Disini Ada 3 kemasan berbeda yang bisa kita pilih, ada yang kecil dibandrol dengan harga 15 ribu, ukuran sedang 30 ribu dan yang paling besar 55 ribu dengan ukuran ledre yang lebih panjang.

Singgah ke kios Ibu Arifin untuk membeli ledre pisang maupun egg rollnya mulai dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam setiap hari. Tapi kalau kita juga ingin melihat proses pembuatannya, kita bisa datang pada pagi atau siang hari.

15. Magelang

Di setiap sudut Kota Magelang selalu ada pusat oleh – oleh yang di dalamnya pasti menjual gethuk. Tak heran jika Kota Magelang dijuluki sebagai Kota Gethuk. Ya, memang Magelang adalah satu wilayah yang mempunyai kebun singkong terluas. Dimana singkong merupakan bahan dasar pembuatan gethuk. Sehingga gethuk menjadi makanan khas dan menjadi sentra pembuatan gethuk.

Gethuk sendiri merupakan makanan khas masyarakat Jawa Tengah, kalau di Sukaraja (Banyumas) terdapat getuk goreng, maka di Magelang ada Gethuk Trio. Disebut Getuk Trio (tiga) karena memang secara fisik gethuk ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh warna. Dalam pewarnaanya sendiri Gethuk Trio biasanya berwarna kecoklatan dibagian tengah dan putih kedua sisi yang lainnya. Rasanya yang manis dan legit karena gula yang dicampur dengan santan yang menambah gurih dan mantap menikmati Gethuk Trio.

Harga satu kardus Gethuk Trio cukup bervariasi tergantung tempat pembelian dan merk Gethuk Trio, harga Gethuk Trio berkisar antara Rp. 11.000,- hingga Rp. 14.000,- / kardus. Untuk mendapatkan Getuk Trio Magelang, Petualang tidak harus bersusah payah mencari penjual makanan ini. Karena sepanjang jalanan di Magelang hampir seluruh toko makanan dan oleh-oleh menyajikan Getuk Trio yang menyebar seantereo Magelang.

16. Samarinda

Di Samarinda, Roti Durian Panglima menjadi khas oleh-oleh Kota Tepian (julukan Kota Samarinda). Rasanya legit dan teksturnya lembut ditambah rasa khas durian.

Roti Durian Panglima berbentuk bantal berjejer delapan potong, di tengahnya berisikan seperti selai durian. Wangi Roti Durian Panglima, harum dan khas. Aromanya menggugah selera untuk segera mencicipi roti yang terbuat dari bahan tepung terigu soft wheat. Roti Durian Panglima merupakan produk perdana warga Samarinda, dijual dengan bandrol Rp 25.000. Varian Roti Durian Panglima, isi original durian dan isi durian diberi topping atau ditaburi keju.

Nugrohadi Yuwono mengatakan, Roti Durian Panglima, menggunakan bahan tepung terigu, gula, telur, susu dan mentega ditambah susu bubuk berkualitas. Selai dari daging Durian asli dan berkualitas yang sudah masak. Tanpa bahan pengawet berbahaya. Daya tahannya 24 jam. Kalau dimasukan ke dalam kulkas bisa sampai tiga hari.

Untuk oleh-oleh, agan bisa mengunjungi toko cabang dan gerai pusat. Gerai pusat di Samarinda, di Jalan Elang Nomor 36, Kelurahan Temindung, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda. Lokasinya mudah dijangkau dari Bandara Temindung, berjarak sekitar 500 meter dari bandara.

17. Surakarta

Berkunjung ke Kota Solo tak lengkap rasanya jika tidak mencoba serabi notosuman. Para traveler pun banyak yang menggemari kuliner asli khas Solo tersebut yang sudah melegenda dan dikelola turun temurun. Serabi Notosuman sudah mampu menggoda pelanggan sejak tahun 1920-an. Agan bisa mendapatkannya di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo.
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 10, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: