RSS

Baresta Krema Koffie Kopi Racik Citarasa Terbaik

14 Sep

Krema03

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Suguhan kopi yang memiliki citarasa kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi untuk memilih tempat nongkrong. Banyaknya bisnis penyedia kopi di Pekanbaru semakin memberikan banyak pilihan.

Baresta Krema Koffie, Herman saat berbincang bersama Tribun, Minggu (5/1) mengatakan, untuk menjamu para kostumer yang datang di tempat usahanya, selalu menyuguhkan kopi yang benar-benar fresh.

“Kita tidak menyediakan stok dalam bentuk bubuk. Tapi menyediakan masih dalam bentuk biji yang sudah dikeringkan,” kata pria yang juga salah satu owner Krema Koffie ini.

Krema02

Proses penyajian tersebut diawali dengan biji yang langsung dibelender setelah mendapat pesanan. Menurutnya penyimpanan dalam bentuk biji dapat menjaga kualitas kopi. Sehingga memberikan citarasa kopinya yang kuat.

Penyimpanan dalam bentuk biji kopi dapat membuat kesegaran yang cukup lama. Sehingga aroma dan rasa yang dimilikinya juga panjang. Menurutnya penyimpanan dalam bentuk biji tersebut dapat menjaga kesegaran dalam jangka waktu dua minggu hingga sebulan.

“Biji kopi yang telah kita blender tersebut ditampung dengan alat khusus yang juga sebagai tempat penakar.  Selanjutnya dipadatkan dengan cara menekannya. Setelah itu diberi sedikit air panas untuk mendapatkan ekstraknya dalam bentuk espresso,” beber Herman.

Untuk mendapatkan kualitas dan citarasa kopi memang harus menggunakan alat khusus. Sehingga dari suguhan kopi saat disajikan mendapatkan krema (buih pada bagian atas) yang lebih tebal dan rasa yang cukup kuat.

Diakuinya meskipun dimulai dari bentuk biji, dalam menyajikan kopi kepada konsumen tidak memakan waktu lama. Proses penyajianya untuk mendapatkan satu gelas espressso hanya memakan waktu 28 detik.

Krema01

“Alat ini untuk mempercepat operasional dan memaksimal citarasa dari kopi itu sendiri. Kerja alat ini untuk menggiling 10 gram biji kopi butuh hanya lima detik,” tambahnya.

Meski demikian, diakuinya cara meramu kopi hanya memberikan andil beberapa persen saja terhadap citarasanya. Yang paling menentukan rasa enak tersebut adalah lokasi tempat tumbuh kopi.

Citarasa kopi yang kuat juga bisa didapatkan di Gerai Kopi  Riau Luwak and King Coffee di Jalan Arifin Ahmad. Untuk menyajikan secangkir kopi juga dimulai dari proses penggilingan dan menggunakan alat sendiri.

Pengelolanya, Ade mengatakan, biji kopi yang didatangkan dari kebun sendiri di Bengkulu digiling lebih dulu dan dipersiapkan dalam bentuk bubuk. Sehingga saat konsumen memesan hanya tinggal menyeduhnya.

“Bahkan kita tidak hanya memiliki alat penggilingan saja, tapi juga alat untuk pengemasan. Bahkan selain sajian kopi hangat kita juga menyediakan kopi bubuk dalam bentuk kemasan dengan aneka rasa sesuai dengan jenis biji kopi yang kita gunakan,” katanya

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 14, 2015 in Lokasi Kuliner, Pekanbaru

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: