RSS

Menikmati Asam Pedas Patin di Pondok Patin HM Yunus

16 Sep

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

PONDOK PATIN HM YUNUS, JL. Kaharuddin Nasution. 1 Simpang Tiga, Pekanbaru Jum’at 23 Oktober 2009, saya makan malam keluar bersama dengan Heri, Yayak dan Wildan. Rencananya kami akan makan malam di Pondok Patin HM Yunus di Jln Kaharuddin Nasution, dekat bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru. Dulu saya pernah makan malam di situ, bersama dengan teman-teman Minas, sayangnya ketika saya akan makan lagi bersama Yayak dan Heri beberapa waktu lalu dah kehabisan. Dan makan malam kali ini adalah untuk menggantikan makan malam yang batal tersebut. Kami berangkat dari DBQ Rumbai sekitar jam setengah delapan, dan sempat mampir sebentar untuk membuat momento untuk Mas Orded yang akan pindah ke Minas. Kami sampai di Pondok Patin HM Yunus sekitar jam 20.45, untunglah masih buka, karena sebelumnya kami khawatir sudah tutup seperti sebelumnya. Pondok Patin HM Yunus di miliki oleh Bpk Muhamad Yunus yang berasal Air Tiris Bangkinang. Beliau mendirikan Pondok Patin ini pada tahun 1987 di atas lahan seluas 1 hektar, setelah sebelumnya berjualan di Jln Tuanku Tambusai/ Jln Nangka yang dekat dengan terminal Mayang Terurai [Terminal Lama]. Menu utama di rumah makan ini berupa olahan ikan patin, seperti asam padeh patin, pepes patin, gulai telur patin, sate patin, patin bakar, patin goreng. Namun di sini juga tersedia makanan lain seperti udang galah goreng, sup kerang, ikan selais goreng dan dendeng batokok. Dalam sehari, rumah makan ini memerlukan 70 kg ikan patin sungai segar yang diambil dari Rengat [Kab Indragiri Hulu]. Penggunaan ikan patin sungai sebagai bahan baku ini merupakan salah satu keunggulan Pondok Patin. Setelah sampai, kami kemudian masuk ke dalam rumah makan dan duduk di kursi yang sudah tersedia dan memesan minuman. Saya memesan lemon tea panas untuk menemani makan malam saya. Tak berapa lama kemudian makanan di hidangkan di atas meja makan kami.  Banyak sekali menu yang dihidangkan, sehingga memenuhi meja kami, dan kami pun meminta pramusaji untuk mengambil kembali lauk-pauk yang tidak [akan] kami makan.  Di bawah ini beberapa lauk-pauk yang disajikan untuk makan malam kami.

Asam Pedas Patin

gulai telur ikan

Gulai Telur Ikan

pepes ikan

Pepes Ikan Patin

selais goreng

Selais Goreng

Setelah makanan tersaji di meja, kami kemudian mulai makan malam dengan lauk dan sambal yang sudah tersedia. Yayak dan Heri memilih asam pedas patin, saya memilih asam pedas kepala patin dan Wildan memilih gulai telur ikan patin untuk lauk utama.

menuku

Makan Malamku

Kami kemudian menikmati makan malam kami yang istimewa, berbeda dari hari-hari biasanya di camp CPI. Makanan yang agak mewah di salah satu rumah makan spesialis ikan patin yang sempat disinggahi oleh presiden SBY pada saat kampanye presiden beberapa waktu lalu.

menikmati

Menikmati

Rasa lapar dan suasana rumah makan yang nyaman, membuat saya menikmati makan dengan lahap. Menurut saya, asam pedas patin di Pondok Patin ini tidak terlalus pedas -pedasnya pas- untuk lidah Jawa seperti saya yang agak kurang menyukai makanan pedas. Teman-teman yang lain juga terlihat menikmati makan malam masing-masing.

buah

Buah

Setelah selesai makan nasi, ternyata masih ada makanan penutup yang disajikan, yaitu buah potong. Beberapa potong pepaya, nanas dan semangka disajikan dalam piring kecil untuk menjadi makan penutup.

nyanyi

Organ Tunggal

Selama kami makan, ada organ tunggal yang memainkan berbagai macam lagu untuk menemai pengunjung makan malam. Iringan musik ini menambah suasana rumah makan terasa semakin nyaman, dan menjadi salah satu nilai lebih dari rumah makan ini. Beberapa tamu pun bisa menyanyi dengan diiringi organ tunggal, seperti terlihat gambar di atas seorang tamu bernyanyi.

NotaNota

Setelah selesai makan, kemudian dihitung makanan yang kami makan malam ini. Kami berempat mengeluarkan uang  Rp. 253.000, oo termasuk pajak untuk membayar makan malam kami. Harga yang relatif mahal, namun sepadan dengan pelayan yang baik, citarasa makanan yang lezat dan suasana rumah makan yang nyaman.  [kom09]

Daftar Harga: 1. Nasi : Rp. 5.000,00 2. Kepala Patin Asam Pedas: Rp. 30.000,00 3. Ikan Patin Asam Pedas/ Goreng/ Bakar: Rp. 15.000,00 4. Gulai Telor Ikan: Rp. 20.000,00 5. Keripik: Rp. 7.500,00 6. Cabe/ Sambal: Rp. 4.000,00 7. Puding: Rp. 3.000,00 8. Buah: Rp. 4.000,00 9. Sup kerang: Rp. 25.000,00 10. Teri Bumbu: Rp. 10.000,00

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 16, 2015 in Lokasi Kuliner, Pekanbaru, Sudah dicicip

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: