RSS

Sate Klatak Pak Pong, Cara Unik Menikmati Sate Kambing

08 Oct

Liputan6.com, Yogyakarta Jika Anda ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk menikmati Sate Klatak. Kuliner ini wajib dicoba, bukan cuma nikmat, sate klatak juga unik.

Sate Klatak banyak terdapat di kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tim dari Liputan6.com memilih untuk singgah ke sate klatak Pak Pong yang sudah sangat tersohor di Yogyakarta. Warung sate yang terletak di Jalan Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta ini, paling besar dan nyaman.

Tak sampai lima menit, pesanan satu porsi sate klatak lengkap dengan nasi putih dan segelas es teh manis yang telah dipesan langsung tersaji. Sate klatak menggunakan daging kambing yang dipotong kecil-kecil.

Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu melainkan jeruji besi sepeda. Bukan tanpa alasan, jeruji besi berfungsi sebagai penghantar panas yang baik membuat daging matang hingga ke bagian dalam.

Keunikan lainnya terletak pada bumbunya. Kalau biasanya sate kambing berbumbu kecap atau sambal kacang, sate klatak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar.

Meski bumbunya minimalis, rasa sate klatak Pak Pong sungguh luar biasa. Saat digigit, garam yang bertabur di daging kambing menciptakan cita rasa yang berbeda, yang jelas sangat nikmat.

Cara menikmati sate klatak lebih pas dengan nasi putih yang disiram dengan kuah gulai. Kalau ingin pedas, tinggal menggigit cabe rawit yang sudah disiapkan di atas meja.

Hampir sebagaian besar warung makan di Yogya menyediakan cabe rawit di atas meja. Rasa pedas makanan bukan dari sambal uleg, melainkan dari cabe rawit segar.

Tak ada sedikit pun bau prengus, tidak seperti kebanyakan sate kambing yang masih menyisakan sedikit aroma tak sedap tersebut. Selain itu dagingnya empuk dan tanpa lemak.

Soal harga, sate klatak Pak Pong ini, dibanderol 14 ribu rupiah. Jika dengan nasi putih dan es teh manis, Anda hanya tinggal menambahkan 6 ribu lagi. Jadi dengan 20 ribu rupiah, Anda bisa makan dengan nikmat dan puas di sate klatak Pak Pong.

Dan yang lebih mengasyikan lagi, sate klatak Pak Pong ini buka dari pukul 10 pagi hingga 12 malam setiap harinya

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 8, 2015 in Jogja, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: