RSS

jeJamuran – Restoran Serba Jamur ala Jogja

15 Oct

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Sepertinya sudah lamaaa banget saya gak nge-post masalah kuliner di blog ini, terakhir ngomongin kuliner pas ke Makassar di post bulan Mei 2013 lalu. Sudah setahun lebih! Pantes aja ya, yang punya blog jadi ga bisa gemuk-gemuk, hahahah… *jaka sembung* Kebetulan pas mudik pilpres ini saya sempat sedikit wisata kuliner di Jogja, jadi ya saya pikir boleh juga nih untuk di-post di blog. 😀

Nah, resto alias tempat makan yang saya bahas kali ini adalah jeJamuran, yaitu restoran di pinggiran kota Jogja yang menyajikan seluruh menunya menggunakan bahan dasar JAMUR. Mulai dari sate jamur, lumpia jamur, asam manis jamur tiram, tongseng jamur dsb dsb. Bahkan minuman es dawet pun di dalemnya disusupin jamur (dawet jamur kuping – 8000 IDR). Untung es beras kencur yang saya pesen gak dicelupin jamur sekalian, hahaha… :))

Menu ala jeJamuran

Trus rasanya gimana? Aneh? Enak? Menurut saya sih enak dan tidak terasa aneh sama sekali. Pada waktu itu saya dan keluarga memesan lauk sate jamur dan semur edan jamur, plus lumpia jamur. Semuanya enak karena memang bumbu yang digunakan mirip banget dengan bumbu masakan aselinya. Misal sate jamur ya seperti hal nya sate ayam lengkap dengan bumbu kacangnya. Nah, mungkin textur “daging”-nya saja yang membedakan. Tau sendiri lah ya kalo gigit jamur itu gimana rasanya.

Yang cukup menarik, di jeJamuran ini tidak hanya sekadar restoran yang jualan makanan saja, tapi ada 1 spot khusus yang bisa menambah informasi / pengetahuan kita tentang jamur. Waiter yang di sana juga tidak segan-segan menjawab pertanyaan kita yang awam tentang jamur-jamur yang “dipamerkan”. Dari mereka lah saya baru tau kalau ternyata untuk masakan tertentu dibutuhkan jamur-jamur tertentu, karena bisa mempengaruhi rasa dan cocok-tidak nya jamur tsb dimasak dgn resep tertentu. 😀

Lokasinya sendiri berada di pinggiran kota Jogja, tepatnya di daerah ,Niron Pandowoharjo Sleman, Yogyakarta. Lebih gampangnya sih diakses dari jalan Magelang km 10-an, trus belok kanan dan ikuti saja papan petunjuknya yang cukup membantu dan jelas 😀 . Cukup jauh dari kota dan sepertinya hanya bisa ditempuh menggunakan mobil pribadi atau taxi. Saya kurang tau untuk transportasi umumnya, karena gak melihat ada angkutan umum lewat di depan jeJamuran itu *cmiiw*. Beruntung bagi saya dan keluarga sempat menyicipi masakan jeJamuran di saat bulan puasa begini, jadi tidak terlalu ramai dan padat :peace: Denger-denger sih di resto ini kalau jam-jam makan siang / malem memang rameee banget.

Untuk harga, menurut saya masih wajar dan worth to try lah, sebanding dengan suasana resto, rasa, dan porsi yang diberikan. Sebagai gambaran, beberapa harga dari makanan yang kami pesan adalah sbb (Juli 2014) Sate Jamur 13,000 IDR per porsi, Semur Edan Jamur 15,000 IDR per porsi, Lumpia 3,500 IDR per porsi. Total biaya untuk makan ber-4 habis 82,000 IDR. Murah atau mahal, relatif sih ya, tapi pastinya jauh lebih murah daripada tempat makan di Jakarta lah yaw! :hammer: Yang jelas sih UNIK. :)

jeJamuran Jogja - resto serba jamur di jogja

Jamur jamuran di jeJamuran - Jogja

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 15, 2015 in Jogja, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: