RSS

Hidangan Ikonik Di Negara-Negara Di Dunia (Bagian 1)

29 Oct

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

“Jika saya berkunjung ke negara mu, satu hidangan apa yang gak boleh saya lewatkan untuk dicicipi?”

Quote:Begitulah pertanyaan yang ada pada sebuah situs tanya jawab “Quora”, di Thread ini dirangkum jawaban hidangan paling ikonik yang ada di masing-masing tanah air mereka yang tentu saja rugi kalo sampai dilewatkan jika kita berkunjung. Penasaran? Oke langsung cek:


1.) Australia: Pie floater

Sering disebut-sebut sebagai obat pereda mabuk yang sempurna, Pie floater adalah pie daging ala Australia yang diletakkan dalam mangkuk berisi sup kacang hijau yang kental. Kadang-kadang di atasnya ditambahkan saus tomat, vinegar (cuka), garam dan merica.
Pie floater sangat fantastis untuk dimakan pada musim dingin dan sebagai obat pereda mabuk” tulis salah satu member Quora: Kathryn B.


2.) Austria: Wiener Schnitzel

Wiener schnitzel, dinominasikan oleh member Quora: Felix H
Merupakan sayatan daging sapi yang sangat tipis, dilapisi tepung roti dan digoreng dengan minyak yang banyak. Biasanya disajikan dengan lemon dan peterseli, dan juga ditemani oleh kentang ataupun nasi.


3.) Argentina: Asado

Asado adalah istilah untuk menggambarkan kelezatan daging panggang Argentina, steak panggang ala Argentina merupakan steak yang sangat lezat.
Memang benar bahwa sebagian besar daging yang baik berada pada negara-negara pertama yang mengekspor daging, tapi saya dapat menjamin bahwa jika Anda memiliki ‘Asador’ (orang yang membuat Asado) yang baik, rasanya tak ternilai, terutama jika Anda berada di pedesaan”, tulis salah satu member Quora: Matias J.


4.) Belgia: Moules-Frites

Moules-frites (kerang dan kentang goreng) mungkin tersedia di negara-negara lain seperti Perancis dan Amerika Serikat, namun kombinasi kelezatan dan rasa gurih berasal dari Belgia.
Hidangan Kerang, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Valentin V., hidangan ini disiapkan dalam berbagai cara (dimasak dengan anggur, mentega, dan rempah-rempah, atau mungkin kaldu berbahan dasar tomat) dan disajikan dengan kentang goreng renyah yang asin.
Lengkapi hidangan ini dengan pencuci mulut berupa bir Belgia yang menyegarkan.


5.) Brasil: Feijoada

Brasil adalah negara besar dengan masakan bervariasi sehingga sulit untuk memilih satu hidangan, namun hidangan Brasil yang paling ikonik mungkin adalah Feijoada, sup kacang hitam dengan daging sapi dan daging babi asap.
Biasanya disajikan dengan nasi, daun collard hijau, farofa (tepung ubi panggang), saus pedas, dan irisan jeruk untuk membantu pencernaan.


6.) Kanada: Poutine

Berasal dari Kota Quebec, Kanada, Poutine adalah makanan lezat ber kalori yang akan menghangatkan Anda dari dalam tubuh. Makanan ini berisi kentang goreng yang di atasnya diberi saus coklat dan potongan keju yang lunak. Salah satu member Quora: Josianne C. menominasikan hidangan lezat ini.



7.) Cina: Xiaolongbao

Sulit untuk memilih hanya satu hidangan untuk sebuah negara besar dan beragam seperti Cina, namun, Xiaolongbao (sup pangsit) tentu salah satu makanan paling berkesan di negara ini.
Berasal dari Kota Shanghai, Cina, pangsit ini biasanya diisi dengan beberapa jenis daging dan sup berkaldu yang dikukus dalam keranjang bambu.


8.) Kroasia: Paški sir cheese

Paški sir adalah keju Kroasia keras yang terbuat dari susu domba. Keju ini dibuat di pulau Pag, keju ini begitu terkenal hingga diekspor ke seluruh dunia.
Saya tinggal di Kroasia, kami memiliki keju terbaik di dunia, hidangan ini berasal dari pulau bernama Pag,” tulis salah satu member Quora: Andrija D.


9.) Mesir: Molokhia

Molokhia, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Amaani S., disajikan di seluruh Afrika Utara, tetapi sangat populer di Mesir di mana selama ini diyakini bahwa hidangan ini berasal dari Mesir.
Versi hidangan Mesir menggunakan daun Molokhia (sejenis sayuran pahit) yang dilepas dari batangnya, kemudian dicincang halus dan dimasak dengan ketumbar, bawang putih dan kaldu. Hidangan ini pada umumnya disajikan dengan daging ayam atau daging kelinci, atau mungkin dengan daging domba atau ikan.


10.) Inggris: Roast Beef & Yorkshire Pudding

Quote:Daging sapi panggang dan Pudding Yorkshire, yang dinominasikan oleh salah satu member Quora: Godfrey M., dianggap sebagai hidangan nasional Inggris.
Hidangan daging panggang dengan saus (gravy) rasa daging dengan roti setengah masak (doughy bread) yang masih panas.


11.) Georgia: Khachapuri

Quote:Khachapuri, dinominasikan oleh salah satu member Quora: Otar C., merupakan roti kenyal gurih yang diisi dengan gelembung keju atau telur dari Georgia, negara kecil Eropa Timur.


12.) Holland: Soused herring

Soused herring Merupakan hidangan ikan Herring filet mentah yang telah dimarinade dengan cara direndam dalam cairan yang terdiri dari cider (minuman beralkohol yang berasal dari jus buah apel yang telah difermentasi), anggur, gula, herbal dan atau rempah-rempah.
Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Martijn S., cocok dikonsumsi bersama roti panggang segar dan di atasnya ditaburi dengan irisan bawang putih.


13.) India: Tandoori Chicken

Di India, masakannya sangat bervariasi tergantung pada daerahnya, sehingga hampir tidak mungkin untuk memilih hanya satu hidangan untuk mewakili negara ini. Di bagian utara, hidangan yang lebih dominan berupa daging-dagingan yang kaya akan kuah kari dan roti yang beraneka macam rasa. Sedangkan pada bagan selatan memiliki jenis hidangan vegetarian dan juga terkenal akan rempah-rempahnya.
Ada banyak perdebatan tentang hidangan yang terbaik di India pada situs tanya jawab Quora, tetapi jika harus memilih hanya satu hidangan India yang paling ikonik, maka jawabannya adalah Tandoori Chicken. Hidangan ini terdiri dari ayam yang dibumbui dengan tandoori masala dan dipanggang dalam “tandoor“, yaitu sejenis oven berbahan dasar tanah liat. Hidangan ini sering disajikan dengan sayuran, saus yoghurt, dan nasi.


14.) Indonesia: Martabak Manis/Terang Bulan

Martabak Manis adalah hiidangan berupa pancake tebal ala Indonesia dengan rasa manis.
Bagian atas dan bawah pada dasarnya berupa spons pancake, sementara pada bagian tengah nya bisa apa saja yang rasanya manis sesuai keinginanmu, mulai dari taburan cokelat dengan parutan keju dan potongan kacang atau bahkan potongan pisang!” tulis salah satu member Quora: Jerry A. “Tapi, satu hal yang pasti, hidangan ini sangat lezat!
Anda dapat membelinya dari pedagang kaki lima di sekitar Indonesia.


15.) Italia: Pizza

Di Italia sangat mudah untuk menentukan hidangan paling ikonik, ya tentu saja Pizza, dinominasikan oleh slah satu member Quora: Maria G. Pizza berasal dari Italia, dan Naples, sebuah kota di Italia selatan yang merupakan tempat kelahirannya.
Pizza ala Neapolitan bersifat kenyal, renyah dan di atasnya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti tomat segar, buffalo mozzarella, basil, dan sejumlah daging.
Di sini, Pizza adalah seni dan Pizzaiolas adalah seniman.


16.) Jepang: Katsudon

Sushi mungkin tampak seperti pilihan yang jelas untuk hidangan Jepang yang paling ikonik, namun salah satu member Quora: Makoto W., yang tinggal di Tokyo, menulis bahwa Katsudon tidak boleh terlewatkan apabila berkunjung ke Jepang.
Katsudon merupakan hidangan berupa potongan daging babi yang digoreng renyah, diatasnya diberi tambahan telur yang telah dicampur dengan condiment (sejenis saus pedas), disajikan di atas semangkuk nasi.


17.) Malaysia: Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan hidangan yang terdiri dari nasi yang dimasak dalam santan dan daun pandan. Hidangan ini dinominasikan oleh salah satu member Quora: Shixian T.
Hidangan ini disajikan secara tradisional dengan dibungkus daun pisang dan sering disertai dengan sambal cabai, ikan bilis (teri), kacang, dan telur rebus.
Banyak orang juga percaya hidangan ini dapat meredakan mabuk.


18.) Meksiko: Mole Sauce

Mole Sauce, hidangan yang dibuat menggunakan hingga 100 bahan, yang dinominasikan oleh salah satu member Quora: Flor I., adalah salah satu saus yang paling kompleks dan paling beraroma di dunia, menghasilkan saus yang kaya rasa, kental, berwarna kecoklatan dan pedas.
Hidangan ini berasal dari wilayah Puebla dan Oaxaca, namun Anda dapat menemukannya di seluruh Meksiko, biasanya Mole Sauce disiram di atas ayam atau Enchilada (sejenis roti tortilla gulung).


19.) Norwegia: Rakfisk

Rakfisk adalah hidangan ikan air tawar “trout” yang telah mengalami proses pengasinan dan difermentasi selama beberapa bulan. Kemudian bisa dimakan tanpa dimasak, seringnya ditemani dengan bawang dan krim asam.
Musim dingin yang panjang di Norwegia telah menjadikan pengawetan makanan menjadi hal yang penting sebelum salju datang, makanan tradisional Norwegia lebih sering dibuat dengan cara diawetkan, Rakfisk atau ikan trout fermentasi merupakan hidangan yang sangat khas, yang tidak semua orang menyukai nya”, tulis salah satu member Quora: Hans Christian H.


20.) Filipina: Adobo

Adobo mungkin adalah rempah-rempah yang populer, namun di Filipina Adobo adalah hidangan yang menampilkan beberapa jenis daging (daging babi atau ayam) yang dimasak menggunakan cuka (vinegar), kecap, bawang putih, dan minyak, biarkan termarinade selama beberapa waktu agar bumbunya meresap.
Hidangan ini sangat populer sehingga beberapa menyebutnya hidangan nasional dari Filipina. “Rasanya seperti meledak, hanya itu yang bisa saya katakan” tulis salah satu member Quora: Raymund M.
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 29, 2015 in Lainnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: