RSS

Nasi Kalong: Kuliner Bandung yang Unik!

04 Nov

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Jika musim liburan telah tiba, kamu pasti mencari referensi tempat wisata yang menarik untuk mengisi waktu liburan anda. Hawanyayang sangat sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat Bandung menjadi tujuan wisata anda yang sangat  terkenang. Bandungjuga menjadi tujuan wisata bagi anda yang tinggal di Jakarta dan penat dengan kemacetan kota Jakarta. Nah jika kamu sudah menentukan tempat wisata kuliner di Bandung, sekarang saatnya memikirkan wisata kuliner Bandung yang tidak boleh ditinggalkan. Tidak afdol rasanya liburan ke suatu tempat tanpa sempat mencicipi makanan khas Bandung.

Sudah pernah dengar nasi kalong? Apakah itu nasi kalong? Apakah nasi kelelawar? Bukan. Nasi kalong merupakan salah satu wisatakuliner Bandung yang wajib anda kunjungi sebagai pelengkap liburan anda. Mengapa diberi nama nasi kalong? Konon katanya, karena nasi yang dijual di sini adalah nasi berwarna hitam, dan buka hingga pukul tiga pagi. Sehingga persis seperti gaya hidup kelelawar yangberwarna hitam dan hanya buka malam hari.

Nasi hitam ini sebenarnya adalah nasi merah. Nah nasi merah ini dimasak menggunakan kluwek, sehingga nasi ini menjadi berwarna hitam seperti kalong.. Bumbu lain yang ditambahkan adalah bumbu daun salam, bawang merah, cabai, dan kelapa parut yang sudah digoreng. Sehingga tidak diragukan lagi nasi kalong ini memiliki rasa yang gurih. Jika anda tidak doyan dengan nasi merah, anda masih bisa memesan nasi putih.

Wisata kuliner Bandung di rumah makan nasi kalong ini menyediakan makanan yang disajikan di meja yang bisa dibilang panjang. Di atas meja ini disediakan berbagai macam lauk pauk yang bisa kamu pilih, seperti layaknya makanan pada perayaan sajian prasmanan. Menu makan yang paling laris di nasi kalong ini adalah ayam goreng madu serta tumis buncisnya. Tumis buncis ini dimasak dengan sangat enak dengan menggunakan minyak, sehingga mengkilap. Menu ini adalah menu yang sangat laris karena menjadi incaran para pengunjung, sehingga cepat habis. Sedangkan untuk ayam goreng madu dimasak dengan dipotong kecil kecil menggunakan bumbu manis seperti madu sampai meresap ke dalam daging ayamnya. Kebanyakan makanan yang dimasak di sini kebanyakan tidak berlemak dan tidak bersantan.

Satu porsi makan nasi kalong Balong ini berkisar sekitar Rp 20.000,00. Mungkin terlihat agak mahal, tapi dijamin anda tidak akan kecewa dengan rasa yang didapatkan. Menu makan lauk lauk yang dipilih sebenarnya lebih sedikit dibanding rumah makan lainnya. Hanya ada sekitar 20-30 jenis lauk yang ada. Misalnya ada sambal goreng hati, tahu isi, dendeng, rolade, abon, rending, telur, dan empura udang. Tersedia sekitar 70 buah kursi di sana, sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat.

Warung makan nasi kalong ini terletak di Jl. RE. Martadinata (Riau) no. 102 Bandung. Dan jika ada keperluan untuk pemesanan atau keperluan lainnya, bisa juga menelpon 0811205855. Pemilik warung makan nasi kalong ini sebenarnya tidak berniat untuk menjadikan nasi kalong sebagai wisata kuliner Bandung, niatnya utama adalah untuk menawarkan menu makanan sehat kepada masyarakat melalui nasi merah. Walaupun baru dibuka pada tahun 2007 ini mendulang popularitas yang sangat tinggi, apalagi setelah sering masuk di acara-acara televisi nasional. Ketenaran tempat ini semakin terlihat karena kamu bisa lihat banyak foto-foto artis yang pernah berkunjung ke nasi kalong.

source image klik disini

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 4, 2015 in Bandung, Lokasi Kuliner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: