RSS

Memanfaatkan Styrofoam atau Busa Pembungkus Buah

22 Nov

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Agan-agan sekalian pernah lihat kan, untuk melindungi agar buah-buahan tidak hancur / rusak saat transportasi / logistik. Biasanya buah seperti Apel, Pir, Peach, Pepaya, dll dibungkus dengan styrofoam (busa / gabus) pembungkus buah.

Tersangka

Styrofoam adalah sampah yang tidak bisa diuraikan oleh mikoorganisme di dalam udara dan tanah. Dan akan tetap tidak berubah sampai jutaan tahun.

Kebanyakan orang setelah sampai dirumah, busa pembungkus buah ini dibuang. Taukah agan-agan sekaliah bahwa styrofoam pembungkus buah ini banyak sekali maanfaatnya selain membungkus buah, cekidot yukk….

1. Mencegah sabun batangan tidak gampang lembek / benyek / berair
Seperti yang agan ketahui, sabun batangan mudah sekali lembek / benyek bila terlalu sering berinteraksi dengan air. Nah ternyata Styrofoam pembungkus buah bisa membantu menyerap kadar air di dalam sabun batangan, jadi sabun batangan tidak mudah lembek / benyek / berair.

2. Sebagai sabut pembersih wastafel / tempat cuci piring
Wastafel ataupun tempat cuci piring setelah lama digunakan, mudah sekali tertinggal bercak kotor bekas sabun ataupun minyak. Namun dapat dengan mudah dicuci dengan menggunakan Styrofoam pembungkus buah. Untuk kasus ini, Styrofoam pembungkus buah lebih efektif untuk membersihkan wastafel / tempat cuci piring berbahan stainless steel.

Contoh wastafel Stailess Steel

3. Agar alas duduk tidak licin diatas kursi
Seperti gambar diatas, biasanya bantal / alas kursi tersebut gampang sekali tergelincir / licin dari atas kursi. Nah, dengan meletakkan Styrofoam pembungkus buah diantara bantal dan kursi bisa membuat bantal tidak mudah tergelincir dari atas kursi.

4. Sebagai sabut pembersih piring / mangkuk / alat makan
Styrofoam pembungkus buah lebih efektif digunakan sebagai sabut pembersih piring dibandingkan sabut pembersih piring biasa. Dengan menggunakan Styrofoam pembungkus buah tidak akan meninggalkan bekas goresan / lecet di piring dan mangkuk. (Untuk hal yang satu ini, karena Styrofoam yang beredar dipasaran saat ini masih banyak sekali yg mengandung bahan kimia berbahaya, jadi harap piring dibilas bersih dengan air)

5. Sebagai isolator panas
Styrofoam adalah isolator panas yang cukup baik. Bisa digunakan sebagai alas cangkir kopi, ataupun sebagai alat bantuan sementara untuk mengangkat alat-alat didapur yang panas. Namun perlu diingat, sama dengan point nomor 4, karena Styrofoam yang beredar dipasaran banyak mengandung bahan kimia berbahaya, pastikan Styrofoam tidak bersentuhan langsung dengan makanan.

6. Sebagai pelindung barang-barang mudah pecah
Styrofoam juga berfungsi tidak hanya untuk melindungi buah agar tidak gampang pecah, agan-agan juga bisa digunakan untuk melindungi barang lain yang mudah pecah seperti, telur, botol-botol makanan serta minuman.

7. (Tambahan) Sebagai hiasan rangkaian bunga
Nah, yang satu ini ane nemu di kompasiana.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 22, 2015 in tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: