7 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Jika ke Pariaman ( Sumatera Barat )

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Hai agan.. ini thread pertama ane, maaf kalo ada salah-salah, maklum newbie

oke langsung aja yah,,

Jika berkunjung atau berwisata ke suatu tempat nggak lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khas daerah tersebut? Betul tidak?

Kali ini saya akan membahas kuliner yang bisa Dunsanak coba di Kota Pariaman.

1. Sala Lauak

Sala Lauak merupakan kuliner khas dari Pariaman sejak dulunya. Kalau Dunsanak sedang berwisata di Kota Pariaman, Dunsanak bisa menjumpai makanan yang terbuat dari tepung dipadu dengan bumbu dan rempah ini di sepanjang Pantai Gandoriah. Tidak sulit menemukannya.

2. Nasik SEK

SEK merupakan singkatan dari Seribu Kenyang. Karena dulunya nasi SEK memang dijual murah serta mengenyangkan. Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang.

Kini tak ada yang berubah sih dengan Nasi SEK, baik penyajian maupun lauk pauknya masih sama, yang berubah hanya tarif saja. Untuk menikmati Nasi SEK cukup datang ke Pantai Gandoriah, karena disana banyak warung-warung makan yang menyediakannya.

3. Sate Pariaman

Sate Pariaman adalah salah satu kuliner khas pariaman yang terkenal sejak dulu. Sate Pariaman sendiri sedikit berbeda dengan Sate Padang atau Sate di daerah lain di Sumatera Barat. Kuahnya biasanya lebih merah dan rasanya yang lebih pedas. Hot!

4. Gulai Kapalo Lauak (Gulai Kepala Ikan)

Bagi Dunsanak yang benar-benar menyukai kuliner menu yang satu ini pantang dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pariaman. Karena gulai kapalo lauak ini terbuat dari kapala ikan tuna (bisa juga ikan lainnya) segar, dipadu dengan kuah santan yang kental. Rasanya.. beuh, nikmat!

Untuk menikmati menu yang satu ini tidak sulit kok, karena hampir setiap rumah dan warung makan di Kota Pariaman menyediakan menu ini.

5. Sarapan Dengan Nasi Sala

Jika selama ini Dunsanak mengenal sala yang dibuat dari tepung beras dan bumbu yang dipadu kemudian dibulatkan, kali ada sala yang justru dibuat dengan ikan yang dibalut tepung dan digoreng.

Kuliner ini tersedia di Kota Pariaman hanya pada saat sarapan pagi dari jam 7 sampai jam 10 saja. Selain lauk pauk berupa sala, biasanya juga tersedia lauk lainnya berupa gulai tahu, samba lado dan sayur daun singkong.

6. Aneka Macam Rakik

Salah satu kuliner khas dari Pariaman adalah ‘rakik’. Rakik terbuat dari adonan tepung yang bisa dicampur dengan berbagai hasil laut seperti ikan, udang dan lain-lain. Rakik dibuat dengan cara digoreng sehingga hasilnya berbentuk seperti kerupuk dan memiliki rasa yang gurih.

7. Katupek Gulai Tunjang (Ketupat Gulai Kikil) Pasar Kurai Taji

Jika Dunsanak mencari Katupek Gulai Tunjang, maka los lambuang (tempat makan -red) di Kurai Taji, Kota Pariaman adalah tempatnya. Karena Katupek Gulai Tunjang di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini sudah terkenal sejak dulunya.

Apalagi memasuki bulan ramadhan, maka yang paling diburu masyarakat untuk berbuka di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini adalah Katupek Gulai Tunjang.

Jadi gimana? Kapan ke Pariaman?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s