Rujak Cingur Ahmad Jais, Termahal dan Terlaris di Surabaya yang Wajib Dicoba

rujak_cingur_1-700x525

Dicopas tanpa basa-basi dari sini

Surabaya memang rajanya kuliner nusantara, banyak kuliner-kuliner lezat yang bisa sobat traveler nikmati ketika mengunjungi Kota Pahlawan ini. Tak hanya menikmati keindahan wisata, berupa tempat-tempat wisata yang menarik saja ya, sobat traveler, bila mengunjungi Surabaya tak ada salahnya untuk menikmati sajian khas di Surabaya yang menggugah selera pun tak akan sobat traveler temukan di tempat lain. Setelah Rawon Setan, kali ini ada Rujak Cingur yang patut untuk dinikmati saat singgah di Surabaya. Salah satunya menjajal Rujak Cingur Ahmad Jais.

Surabaya pun sangat terkenal dengan berbagai jenis wisata kuliner yang tersedia di ibukota Jawa Timur ini. Salah satu kuliner Surabaya yang terkenal adalah rujak cingur. Memang rujak cingur berasal dari Surabaya namun lebih tepatnya di Jawa Timur pun juga telah banyak ditemukan rujak cingur. Salah satu warung makan rujak cingur yang terkenal di Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Mengapa nama warung tersebut dibuat demikian? Karena warung rujak cingur ini terletak di Jalan Ahmad Jais. Ketika sobat traveler telah memasuki kawasan jalan Ahmad Jais, kira-kira 400 meter di sebelah timur akan tampak sebuah rumah besar dengan tatanan warung makan kecil didalamnya. Disitulah letak Rujak Cingur Ahmad Jais berada.

sumber gambar: http://nginepmana.com/
sumber gambar: http://nginepmana.com/

Meski dengan sajian rujak cingur sebagai makanan khas Surabaya, harga yang dipatok untuk satu porsi rujak cingur terbilang cukup eksklusif yaitu Rp 45.000,- per porsi. Cukup mahal bukan? Namun harga mahal tersebut tak sedikitpun memperluntur rasa cinta dari pelanggannya. Terbukti dari pengunjung warung yang tetap banyak dan tetap setia meski harus mengocek kantong agak dalam ketika ingin menyantap rujak cingur Ahmad Jais ini. Usaha rujak cingur ini dirintis oleh Ny. Ng Giok Tjoe ketika masih berumur 42 tahun dan saat ini beliau telah berumur lebih dari 82 tahun. Namun, hingga saat ini, beliau masih terus berperan dalam mengurusi bisnis rujak cingur ini khususnya dalam hal mengulek bumbu.

sumber gambar: http://primadewi.blogdetik.com/
sumber gambar: http://primadewi.blogdetik.com/

Pada hari biasa, warung rujak cingur ini buka dari pukul 10 siang hingga 5 sore. Dan ketika akhir pekan, warung ini buka pukul 11 siang hingga 5 sore. Rujak cingur tersaji dalam porsi cukup besar yaitu satu porsi dapat disantap oleh dua orang. Rujak cingur tersebut terdiri atas sayur kangkung dan tauge. Ada pula urusan tempe goreng, cingur, dan tahu goreng disertai bumbu yang menggiurkan diatasnya. Petis yang disajikan terasa lembut di untuk dikunyah serta tak ada bau yang tercium dari cingur yang digunakan. Konon katanya petis yang digunakan merupakan petis nomor satu asli Sidoarjo lho, sobat traveler.

sumber gambar: http://nginepmana.com/
sumber gambar: http://nginepmana.com/

Ada pula tambahan buah-buahan seperti bengkoang, mangga, atau mentimun untuk menambah cita rasa rujak cingur. Bila sobat traveler mengunjungi Surabaya, sempatkan waktu untuk menikmati Rujak Cingur Ahmad Jais yang tersohor ini.

Advertisements

One thought on “Rujak Cingur Ahmad Jais, Termahal dan Terlaris di Surabaya yang Wajib Dicoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s